Mengerem Harga Rumah

BUDI ALIMUDDIN - detikNews
Rabu, 09/10/2013 18:48 WIB
Jakarta - Rommy Rumengan banyak berinvestasi di apartemen. Ia membeli sejumlah unit apartemen di Jakarta dan sekitarnya untuk disewakan. Bisnis ini bahkan menjadikannya Sekretaris Umum Asosiasi Penghuni dan Pemilik Middle Apartment. Tapi, dalam beberapa minggu ini, ia gelisah akibat kebijakan baru Bank Indonesia yang mengancam ekspansi usahanya.

Lembaga yang mengawasi perbankan itu membuat aturan baru, yang menaikkan uang muka untuk pembelian rumah atau apartemen kedua, ketiga, dan seterusnya. Ia memang belum mempelajari penuh aturan yang mulai berlaku bulan ini. Tapi, katanya, Membeli apartemen bagi saya adalah investasi, maka aturan ini merugikan saya.

Ia mencemaskan harga apartemen bakal terkerek. Pengurusan juga bertambah lama, karena banyak verifikasi dari bank, ucapnya. Saat ini, proses kredit yang butuh 1-2 bulan sudah cukup memberatkan. Apalagi jika peraturan ini nanti diterapkan, waktu akan tersita banyak hanya untuk meneliti rekam jejak pembeli apartemen, katanya dalam majalah detik edisi 97.

Bank Indonesia memang menerapkan peraturan baru pembelian rumah mulai bulan ini. Direktur Eksekutif Departemen Informasi Bank Indonesia Difi Johansyah mengatakan langkah ini diambil untuk memperlambat konsentrasi risiko kredit perumahan. Ini dilatarbelakangi tingginya pertumbuhan kredit ke sektor properti, katanya.

***

Tulisan selengkapnya bisa dibaca GRATIS di edisi terbaru Majalah Detik (edisi 97, 7 Oktober 2013). Edisi ini mengupas tuntas Gubernur Banten Ratu Atut dengan tema Ratu Atut Goyah. Juga ikuti artikel lainnya yang tidak kalah menarik seperti rubrik Nasional Sst.., Itu Kan Lurah Susan, Ekonomi Dunia di Tangan Politik Amerika, Wisata Ke Beijing dengan Cinta, rubrik Seni Hiburan dan review film Rush, Wkwkwk Mbeek... Kalau Kambing Ikut Sidang, serta masih banyak artikel menarik lainnya.

Untuk aplikasinya bisa di-download di apps.detik.com dan versi pdf bisa di-download di www.majalahdetik.com. Gratis, selamat menikmati!!

Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Informasi pemasangan iklan
email: sales[at]detik.com

#APEC2013