Follow detikFinance
Sabtu 26 Nov 2011, 18:51 WIB

Laporan dari Dubai

Perusahaan Indonesia Raih Gaia Award

- detikFinance
Perusahaan Indonesia Raih Gaia Award
Dubai - Sebuah perusahaan Indonesia, Cocomosaic Indonesia, berhasil meraih Gaia Award berupa Bronze Winner pada The Big 5 International Building and Construction Show<\/em> di Dubai.

\\\"Penghargaan diberikan kepada perusahaan yang berhasil menerapkan manajemen berwawasan lingkungan dalam proses produksi dan menciptakan berbagai produk inovatif ramah lingkungan,\\\" demikian Konsul Fungsi Penerangan Sosial Budaya KJRI Dubai Adiguna Wijaya kepada detikfinance, Jumat (25\/11\/2011) petang.

Pada pameran bergengsi ini, Cocomosaic Indonesia berhasil menyisihkan sekitar 300 peserta lainnya dari seluruh dunia. Gold Winner diraih Nuuon (Jerman) spesialis otomatisasi dan solusi cerdas ramah lingkungan. Sedangkan Silver Winner jatuh ke tangan Blade Room (Inggris) untuk solusi hemat energi dan Carlisle Hvac (AS) spesialis efisiensi pemanas dan pendingin ruangan.

Pameran terbesar di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara yang telah memasuki tahun ke-30 tersebut berlangsung di Dubai International Convention and Exhibition Centre (21-24\/11\/2011) dan dibuka oleh Deputy Ruler of Dubai Sheikh Hamdan bin Rashid Al Maktoum, yang juga Menteri Keuangan UAE.

\\\"Penghargaan ini membuktikan kualitas perusahaan Indonesia yang secara internasional telah diakui dan mampu bersaing dalam lingkup perdagangan global yang semakin kompetitif,\\\" ujar Konsul Jenderal Mansyur Pangeran bangga.

Disebutkan, pada pameran ini ada enam perusahaan Indonesia ikut berpartisipasi. Empat diantaranya difasilitasi oleh Kementerian Perindustrian RI yakni perusahaan manufaktur blockboard dan plywood, dekorasi indoor dan interior dari komponen pohon kelapa, konstruksi dan mesin, material baja ringan, serta bahan bangunan genteng, polimer kayu dan komposit.

Sedangkan Kementerian Perdagangan RI melalui ITPC Dubai menghadirkan 2 perusahaan manufaktur keramik untuk lantai dan dinding dari komponen pohon kelapa serta manufaktur perabotan dan dekorasi interior.

Menurut Konjen, sebagian besar perusahaan Indonesia tersebut baru pertama kali mengikuti pameran ini, bahkan ada yang sama sekali baru pertama kali hadir pada pameran internasional di Dubai.

Mereka menyatakan keinginan untuk membuka pasar di Timur Tengah dan sekitarnya melalui Dubai. Selama ini, produk mereka dipasarkan ke Eropa dan Amerika Serikat serta sebagian ke kawasan Timur Tengah dan Afrika, namun melalui perusahaan penyelia di Singapura.

\\\"Melalui pameran The Big 5 mereka berharap dapat memperoleh kerjasama bisnis secara langsung dengan pengusaha setempat dan buyers dari negara-negara lainnya,\\\" papar Konjen.

Menanggapi hal tersebut, Konjen menyatakan kesiapan KJRI Dubai untuk membantu menjembatani antara pengusaha Indonesia dan Dubai maupun UAE.

Lanjut Konjen, pilihan untuk menembus pasar di Dubai merupakan langkah yang tepat. \\\"Selain daya beli tinggi, Dubai juga merupakan hub paling strategis tidak hanya bagi lalulintas barang, namun juga manusia dan modal,\\\" terang Konjen.

Disamping itu, imbuh Konjen, kelengkapan sarana infrastruktur dan lingkungan usaha juga sangat kondusif dan perekonomian Dubai telah mulai mengalami pertumbuhan positif pasca krisis finansial tahun 2008.

Konjen mendorong agar setiap komitmen bisnis yang dicapai dalam pameran ini dapat segera ditindaklanjuti oleh masing-masing perusahaan Indonesia tersebut. \\\"Agar dapat dikonkritkan dalam waktu tidak terlalu lama,\\\" pungkas Konjen.
(es/es)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed