Follow detikFinance
Selasa 04 Sep 2012, 12:30 WIB

Gita Wirjawan: 7-Eleven & Lawson Kantongi Izin Rumah Makan

- detikFinance
Gita Wirjawan: 7-Eleven & Lawson Kantongi Izin Rumah Makan
Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan menegaskan dua waralaba restoran 7-Eleven dan Lawson hanya mengantongi izin restoran atau rumah makan. Namun praktiknya keduanya menjalankan bisnis yang tak jelas, karena lebih condong sebagai ritel atau minimarket.

\\\"Sederhana ya, ini kan izin yang mereka peroleh, itu adalah izin rumah makan yang diperoleh dari kementerian pariwisata, bukan dari kementerian perdagangan, sedangkan kenyataannya mereka mendagangkan bukan hanya makanan saja, ada retailnya, nah ini mangkanya harus diperjelas,\\\" kata Gita di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4\/9\/2012)

Dalam Perpres No. 111\/2007 pemerintah memperkenankan asing untuk menanamkan modalnya hingga 100% untuk supermarket, departement store, hypermarket, dan pusat perkulakan dengan luas minimal 1.200 meter persegi. Sementara itu, DNI memasukkan minimarket dalam kelompok modal yang harus dalam negeri 100% dengan luas di bawah 400 meter persegi.

\\\"Ini tentunya mereka itu ada unsur kepemilikan asing, sedangkan untuk retail (minimarket) itu harus 100 persen lokal, mungkin ya mereka memperoleh izin rumah makan karena itu tidak dilarang dari sisi DNI ya, kepemilikan asingnya,\\\" katanya.

Pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan 7-Eleven maupun Lawson. Gita menegaskan kasus ini bukan maksud untuk menghambat investasi, namun untuk menegakkan peraturan.

\\\"Kita mau cari jalan keluar yang bijaklah agar mereka mengikuti peraturan dan kita juga akan meng-streamline peraturannya supaya lebih jelas, jangan sampai peraturan di kita atau di tempat lain juga bisa dimultitafsirkan, itu yang kita tidak inginkan,\\\" katanya.
(hen/dnl)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed