Follow detikFinance
Senin 01 Jul 2013, 13:25 WIB

200 Ribu Tiket Elektronik Hilang, KAI Rugi Rp 800 Juta

- detikFinance
200 Ribu Tiket Elektronik Hilang, KAI Rugi Rp 800 Juta Foto: dok.detikFinance
Jakarta - Sejak tiket elektronik KRL Jabodetabek disosialisasikan hingga hari ini, sudah 200 ribu tiket yang hilang tidak dikembalikan penumpang. PT Kereta Api Indonesia (KAI) rugi Rp 800 juta.

\\\"Satu kartu saja Rp 4.000. Ya tinggal dikali 200 ribu tiket,\\\" kata Direktur Utama KAI Ignasius Jonan di sela acara BUMN Executive Gathering di Hotel Bidakara, Jakarta, Senin (1\/7\/2013).

KAI akan mencetak ulang tiket tersebut namun dicetak dengan tampilan yang tak menarik untuk menghindari peristiwa serupa terulang.

\\\"Kita berusaha cetak kartu sekali lagi, kartu flat saja, tidak berwarna. Biar tidak menarik, soalnya kalau bikin bagus-bagus hilang. Sekarang bikin yang menarik jadi diambil. Nanti bikinnya jadi warna krem saja yang tidak menarik,\\\" tutur Jonan.

Sebelumnya, Menteri BUMN Dahlan Iskan menyatakan, sejak sosialisasi penerapan E-Ticketing hingga penerapan secara resmi yang dilakukan hari ini, sudah 200.000 tiket elektronik yang hilang. Hilangnya tiket ini karena penumpang membawa pulang untuk dijadikan kenang-kenangan. Melihat kondisi ini, Dahlan meminta KAI untuk mensiasati kondisi ini.

\\\"Masih ada problem, kartu ini dimasukkan (pintu keluar), tapi banyak orang kartu jadi kenang-kenangan. Sampai saat ini yang hilang sudah 200 ribu tiket,\\\" kata Dahlan.


(dnl/hen)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed