Follow detikFinance
Jumat 27 Dec 2013, 15:58 WIB

Lika-liku Jadi Pilot (4)

Catat, Ini Syarat-syarat Jadi Pilot

- detikFinance
Catat, Ini Syarat-syarat Jadi Pilot
Banyuwangi - Penerbang atau pilot merupakan profesi dengan tanggung jawab besar. Bagaimana tidak, nyawa ratusan penumpang di udara tergantung dari kemahiran sang pengemudi pesawat terbang. Oleh karena itu, bisa dibilang pilot adalah mereka yang terpilih.

Faktor itu pula yang menjadikan tidak mudah untuk masuk ke sekolah penerbang. Selain kondisi fisik yang prima, dibutuhkan kemampuan berpikir yang cepat dan tepat.

Apa saja syarat bagi yang tertarik masuk sekolah penerbang? “Jurusan harus IPA. Kemudian tinggi badan untuk perempuan minimal 165 cm dan laki-laki 170 cm,” kata Biyan Barlian, salah seorang instruktur di Loka Pendidikan dan Pelatihan Penerbang Banyuwangi (LP3B).

Seorang penerbang, lanjut Biyan, juga harus memiliki pengelihatan yang mumpuni. “Jadi saat di ketarunaan mata tidak boleh minus. Tetapi setelah lulus boleh pakai kacamata,” ujarnya.

Bambang S Ervan, Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, menilai kalau hanya syarat-syarat dasar atau kemampuan umum banyak orang yang mampu menjadi pilot. Namun ada ujian yang tidak mampu dilalui para calon siswa di sekolah penerbangan yaitu tes bakat.

“Salah satunya adalah simulasi ketika menghadapi masalah. Harus cepat dan tepat dalam mengambil keputusan. Namun ternyata banyak yang justru mendapat penilaian lari dari masalah,” tegas Bambang.

Jika sudah berhasil masuk sekolah penerbangan, maka bukan berarti perjuangan sudah selesai. Siswa harus menjaga disiplin dengan baik.

“Murid-murid harus disiplin. Keras, tapi tidak dengan kekerasan. Kalau terlalu lembek, kepala sekolahnya saya evaluasi. Kalau kepala sekolahnya keras, itu memang pesan saya. Harus tegas, karena nantinya pilot membawa nyawa,” ucap Santoso Eddy Wibowo, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan.

 <\/div>
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed