Follow detikFinance
Senin 11 Aug 2014, 08:45 WIB

Laily Prihatiningtyas, PNS Yang Jadi Dirut BUMN Termuda

- detikFinance
Laily Prihatiningtyas, PNS Yang Jadi Dirut BUMN Termuda Laily Prihatiningtyas, Dirut PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero)
Jakarta - Laily Prihatiningtyas merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bertugas di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Siapa sangka, perempuan berusia 29 tahun ini memiliki karir cemerlang.

Perempuan yang akrab disapa Tyas itu dipercaya Menteri BUMN Dahlan Iskan untuk menjadi Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero). Tyas pun menjadi dirut BUMN termuda.

Belum genap setahun menjadi bos BUMN pariwisata, Tyas mengaku banyak manfaat yang diperolehnya. "Kesempatan yang saat ini sedang diberikan kepada saya, memahami publik dari kebijakan serta efeknya dalam ranah implementasi," kata Tyas kepada detikFinance seperti dikutip Senin (11/8/2014).

Kemampuan sebagai direksi, lanjut Tyas, bisa bermanfaat jika sewaktu-waktu kembali bertugas di Kementerian BUMN. Ia bisa melihat dampak positif dari kebijakan yang dibuat pejabat Kementerian BUMN yang berpengalaman di korporasi.

"Yang jelas policy maker itu sifatnya makro ya. Setelah jadi direksi kan aku harus implementasi hasil kebijakan, jadi tatarannya mikro. Aku jadi mengerti efeknya, termasuk bawaan dari kebijakan yang dibuat," paparnya.

Tyas membayangkan seorang pembuat kebijakan yang tidak memiliki pengalaman memimpin korporasi. Saat menjadi pejabat kelak, bisa-bisa akan kesulitan dalam menyusun kebijakan. Atau kebijakan yang diambil tidak sesuai dengan kebutuhan korporasi.

"Aku rasa banyak pembuat kebijakan publik yang kurang memahami publiknya sendiri dan karena informasinya terbatas. Hasilnya juga jadi kurang optimal, bahkan kadang counter productive," jelasnya.

(feb/hds)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed