Follow detikFinance
Rabu 22 Oct 2014, 13:23 WIB

Rekomendasi untuk Jokowi: Kurangi Pejabat Eselon I

- detikFinance
Rekomendasi untuk Jokowi: Kurangi Pejabat Eselon I
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menjanjikan struktur pemerintahan yang efisien. Diharapkan efisiensi ini juga sampai di tingkat eselon I atau direktur jenderal.

Mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi-Birokrasi (PAN-RB) Abubakar mengatakan, salah satu tugas yang telah menanti Jokowi-JK adalah perampingan pejabat eselon I.

Ia berpendapat, dengan langkah ini diharapkan bisa memangkas belanja pemerintah untuk gaji pegawai serta mengurangi tumpang tindih tugas dan wewenang dirjen di masing-masing kementerian.

"Meski jumlah kementerian sama tapi diusahakan dirjennya nggak tumpang tindih. Ini harus diatur lagi," tutur Azwar saat ditemui wartawan di Jakarta, Rabu (22/10/2014).

Kementerian PAN-RB pernah mengungkapkan, untuk menggaji satu orang pejabat eselon I di setiap kementerian, negara harus menggelontorkan dana Rp 70 juta setiap bulannya. Sementara untuk gaji pejabat eselon II sekitar Rp 55-60 juta dan eselon II Rp 45 juta.

"Kalau jumlah eselon satunya bisa diringkas, berarti banyak penghematan yang bisa kita lakukan," tutur dia.

Sayang, Azwar tidak merinci berapa besar penghematan yang bisa dicapai pemerintah dengan langkah ini.

"Itu tergantung pemerintahnya mau berapa banyak. Tapi rekomendasi kami kalau ada dirjen yang fungsinya sama tapi berada di Kementerian yang berbeda, bisa jadi satu saja lah. Nggak perlu lah dua-duaan kalau tugasnya sama," jelasnya.

(dna/hds)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed