Follow detikFinance
Selasa 07 Apr 2015, 21:34 WIB

Ini Penyebab Tol Kanci-Pejagan Eks Bakrie Rusak Parah

- detikFinance
Ini Penyebab Tol Kanci-Pejagan Eks Bakrie Rusak Parah
Jakarta -

Ruas Tol Kanci-Pejagan di Jawa Barat-Jawa Tengah kondisinya rusak parah meski sudah berganti pemilik dari Grup Bakrie ke Grup MNC. Kondisi jalan berlubang dan bergelombang membuat tol eks Bakrie ini dijuluki jalan tol 'berombak'.

‎Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Achmad Gani Ghazali‎ ‎mengungkapkan, ada masalah mendasar yang mengakibatkan kondisi Jalan Tol Kanci-Pejagan sepanjang 35 km ini sangat buruk.

"Awalnya itu karena lemah perawatan dan terlambat penanganan ketika terjadi kerusakan," ujar Gani di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Selasa (7/4/2015).

Lambannya penanganan ketika terjadi kerusakan membuat kondisi permukaan jalan di ruas tol ini menjadi sangat parah.

"Misalnya ada lubang, lubang itu tidak segera ditutup. Maka air akan masuk dari lubang itu, merembes ke tanah. Akibatnya air yang rembes bakal mendesak tanah keluar dari lubang. Kalau tekanannya besar, permukaan beton akan jadi tidak rata. Bisa sampai pecah makanya kerusakannya sangat parah," jelas Gani.

Ia menjelaskan alasan BPJT tidak segera menegur investor dan pengelola jalan tol tersebut saat mulai mengalami kerusakan. "Itu kan tanggung jawab BUJT (Badan Usaha Jalan Tol). Kita kan nggak mungkin pantau setiap hari, nggak mungkin kita selalu di situ setiap hari setiap detik," kata Gani beralasan.

Selain faktor perawatan, masalah beban kendaraan juga turut mempengaruhi kualitas jalan yang saat ini dimiliki oleh grup usaha MNC ini. Gani mengakui, tol Kanci-Pejagan tidak terlalu ramai dilewati kendaraan. Namun jenis kendaraan yang melintas lebih didominasi kendaraan besar dengan bobot yang berat.

"Jalan meskipun yang lewat sedikit tapi kalau bebannya berat kan tetap saja jadi mudah rusak," tandasnya.

Ia mengimbau kepada investor dan pengelola jalan tol lainnya agar memperhatikan masa perawatan jalan di konsesi tol yang mereka miliki. Pasalnya, bila tidak cermat dan cepat, kerusakan jalan akan semakin parah dan biaya yang diperlukan untuk perbaikan akan jauh lebih mahal.

‎Tol Kanci-Pejagan di Jawa Tengah dibangun dan dioperatori oleh PT Semesta Marga Raya yang dahulu di bawah naungan PT Bakrie Tol Road. Saat ini, kepemilikannya sudah berpindah tangan dan berganti nama menjadi PT MNC Infrastructure.

(dna/hen)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed