Follow detikFinance
Rabu 10 Jun 2015, 20:15 WIB

Ini Dia Rute-rute LRT Jokowi yang akan Dibangun Adhi Karya

Angga Aliya - detikFinance
Ini Dia Rute-rute LRT Jokowi yang akan Dibangun Adhi Karya Foto: Reuters
Jakarta - Tak lama lagi proyek transportasi light rail transit (LRT) di Jakarta dan sekitarnya mulai dibangun. Ini dia rute moda transportasi usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Proyek ini akan dilaksanakan oleh PT Adhi Karya Tbk (ADHI) mulai Agustus 2015. Ada tujuh rute yang dilewati LRT, yaitu:
a. Cawang – Cibubur
b. Cawang – Kuningan – Dukuh Atas
c. Cawang – Bekasi Timur
d. Dukuh Atas – Palmerah Senayan
e. Cibubur – Bogor
f. Palmerah – Grogol

"Trase tersebut sudah tercantum di dalam Rencana Umum Jaringan Jalur Kereta Api pada kawasan Jabodetabek tahun 2014-2030 sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI No. 54 tahun 2013," kata Sekretaris Perusahaan ADHI Ki Syahgolang Permata dalam siaran pers, Rabu (10/6/2015).

Pembangunan Tahap I akan membangun rute Bekasi Timur – Cawang – Kuningan – Dukuh Atas, dan Cibubur - Cawang.

"Jalur dan stasiun LRT akan menggunakan jalur tepi jalan tol yang telah mendapatkan ijin prinsip dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat nomor TN.13.03- Mn/408 tanggal 19 Mei 2015," ujarnya.

Moda ini dibangun elevated dengan ketinggian antara 9-12 meter di atas permukaan tanah dengan menggunakan sistem konstruksi precast yang akan diproduksi oleh anak usaha ADHI.

"Elevated System tersebut tidak mengganggu ketentuan ruang terbuka hijau, dengan tetap berfungsi sebagai ruang hijau (bertanaman)," jelasnya.

Sedangkan Tahap II akan membangun jalur Cibubur – Bogor, dan Dukuh Atas – Palmerah – Senayan. Sementara tahap III membangun jalur Palmerah - Grogol.

Track yang digunakan narrow gauge 1067 mm sebagaimana track yang ada di Indonesia. Rolling stock menggunakan power 750 V DC seperti yang digunakan commuter line KAI.

Kapasitas angkut 400 orang per train set (3 car/gerbong) sehingga kapasitas angkut 816.000 orang per hari dengan headway minimal 2 menit pada saat peak hour.

"Depo direncanakan modern di Bekasi Timur (tanah milik ADHI) dalam satu kawasan mix used property ADHI. Stasiun dibangun elevated sebanyak 18 titik dan terintegrasi dengan moda lain," jelasnya.

(ang/rrd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed