Follow detikFinance
Jumat 12 Jun 2015, 19:00 WIB

Tol Gempol-Pandaan 13 Km Resmi Beroperasi

Muhajir Arifin - detikFinance
Tol Gempol-Pandaan 13 Km Resmi Beroperasi
Pasuruan - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan beroperasinya jalan tol Gempol-Pandaan, Jawa Timur. Jalan tol sepanjang 13,61 kilometer tersebut merupakan bagian dari proyek jalan tol yang menghubungkan Surabaya-Pasuruan-Malang, Jawa Timur.

Rombongan Jokowi tiba di lokasi peresmian di eksit tol Karangjati Pandaan, sekitar pukul 14.30 WIB, Jumat (12/6/2015). Jokowi didampingi sejumlah pejabat diantaranya Menteri PU dan Pera Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf dan sejumlah pejabat lainnya.

Saat peresmian Tol Gempol-Pandaan, Jokowi berharap Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat (Pera) segera menyelesaikan seluruh pembangunan Jalan Tol Trans Jawa. Bahkan ditargetkan, pada 2018 seluruh pembangunan Tol Trans Jawa sepanjang 615 Km tuntas.

“Menteri PU dan Pera sudah sanggup, pada 2018 seluruh tol di Jawa semua tersambung. Karena ini penting untuk tingkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi,” kata Jokowi.

Sebagai tanda mulai dioperasikannya tol, Jokowi mengambil kartu tiket dan melintasi jalan tol dengan mobil kepresidenan.

Jalan tol Gempol-Pandaan memiliki panjang 13,61 km. Total biaya investasi sebesar Rp 1,472 triliun yang sudah dikerjakan pada 3 Oktober 2012 lalu.

Peresmian tol oleh Jokowi sebelumnya dijadwalkan pada 21 Mei 2015, namun karena padatnya agenda presiden peresmian ditunda.

(hen/hen)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed