Follow detikFinance
Kamis 17 Mar 2016, 13:17 WIB

Jokowi Targetkan Peringkat 40 Kemudahan Berbisnis, Dubes Inggris: Sangat Ambisius

Dina Rayanti - detikFinance
Jokowi Targetkan Peringkat 40 Kemudahan Berbisnis, Dubes Inggris: Sangat Ambisius Foto: Pool
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) di tahun ini menargetkan peringkat kemudahan berusaha atau "Ease of Doing Business" Indonesia memasuki posisi 40 besar dunia. Saat ini, Indonesia masih berada di peringkat 109 dari 189 versi survei yang dilakukan World Bank.

Namun, menurut Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik mengatakan, hal ini bagus, namun sangat ambisius. Alasannya, belum ada action plan untuk mewujudkan hal tersebut.

"Saya dengar Bapak Jokowi ngobrol dengan pemerintah Inggris untuk mencapai peringkat 40 target yang sangat bagus dan ambisius, karena sejauh ini belum ada action plan menuju kesitu, baru sekedar pembicaraan," kata Moazzam, di Hotel Le Meridien, Jakarta, Kamis (17/3/2016).

Ia mencontohkan, saat ini Inggris berada di peringkat ke-8 ease of doing business dan sudah membuat action plan untuk mewujudkan hal tersebut.

"Inggris peringkat 8 di dalam kemudahan berusaha, menargetkan akan di tingkat ke-5, kita sudah punya action plan dan komitmen, yang baru dikeluarkan pemerintah Indonesia (target peringkat ke-40) sangat bagus tapi juga butuh action," ujarnya.

Ia mengatakan, Inggris siap membantu dalam penyederhanaan regulasi guna menambah investor yang masuk ke Indonesia sehingga dapat target peringkat 40 dalam ease of doing business.

"Pemerintah kami (Inggris) siap berbagi pengalaman karena di Inggris sudah beberapa tahun lalu untuk menyederhanakan regulasi kami juga siap untuk kerjasama dengan pemerintah Indonesia untuk dukung usaha di bidang penyederhanaan regulasi," lanjutnya. (drk/drk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed