Follow detikFinance
Jumat 08 Apr 2016, 18:22 WIB

Mendag Lembong Lepas Kopi Terbaik RI Mejeng di AS

Muhammad Idris - detikFinance
Mendag Lembong Lepas Kopi Terbaik RI Mejeng di AS Foto: Muhammad Idris - detikFinance
Jakarta - Menteri Perdagangan (Mendag), Thomas Trikasih Lembong, hari ini 'melepas' 17 jenis kopi jenis special coffee Indonesia ke ajang Speciality Coffee Association of America (SCAA) Expo 2016 yang akan digelar di Atlanta, Amerika Serikat pada 14-17 April mendatang.

"Kopi terbaik Indonesia ini akan menjadi sorotan utama lebih dari 12.000 pengunjung SCAA Expo 2016. Indonesia akan memantapkan branding sebagai pemilik kopi terbaik dunia, karena telah lolos standar tinggi yang ditetapkan SCAA," kata Lembong saat membuka acara  Celebrating Indonesia as Portait Country (PC) SCAA 2016 di Grand Indonesia, Jakarta, Jumat (8/4/2016).

SCAA sendiri merupakan pameran kopi-kopi terbaik dari seluruh dunia. Menurutnya, keikutsertaan Indonesia bisa jadi ajang lebih mengenalkan kopi Indonesia di luar negeri.

"Tidak semua negara bisa mendapat kesempatan ini, karena ini hanya diikuti negara penghasil kopi yang bisa jadi PC," jelas Lembong.

Ketujuh belas special coffee yang telah lolos penilaian SCAA dan akan dipamerkan di SCAA Ekpo ini antara lain Kopi Gunung Puntang, Mekar Wangi, Manggarai, Malabar Honey, Atu Lintang, Toraja Sapan, Bluemoon Organic, Gayo Organic, Java Cibeber, Catur Washed, West Java Pasundan Honey, Arabica Toraja, Flores Golewa, Redelong, Preanger Weninggalih, Flores Ende, dan Java Temanggung.

Lembong berujar, keikutsertaan kopi Indonesia di pameran SCAA ini akan berdampak positif pada peningkatan pendapatan, mulai dari petani, roaster, pemilik kafe, hingga eksportir.

"Kopi Indonesia yang akan dinikmati masyarakat dunia akan men-support jutaan petani Indonesia yang menjadikan kopi sebagai mata pencaharian mereka. Siklus permintaan domestik akan ikut mendorong kontribusi pada penciptaan lapangan kerja pada sektor terkait," tutup Lembong. (feb/feb)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed