Follow detikFinance
Selasa 19 Apr 2016, 07:45 WIB

BKPM Daerah Siapkan Strategi Promosi Untuk Tarik Investor

Rachmadin Ismail - detikFinance
BKPM Daerah Siapkan Strategi Promosi Untuk Tarik Investor Foto: Rachmadin Ismail
Kuta - Sejumlah kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) daerah beserta jajarannya berkumpul di Bali. Mereka membahas strategi penyampaian informasi promosi agar investor tertarik menanamkan modalnya.

Strategi tersebut dibahas dalam workshop keterampilan menulis dalam rangka melaksanakan strategi promosi investasi tahun 2016. Acara digelar di Hotel Aston, Kuta, Bali, Senin (18/4/2016) sampai Rabu (20/4/2016).

Pembukaan kegiatan digelar pukul 19.00 WIB. Hadir dalam pembukaan tersebut, Direktur Fasilitasi Promosi Daerah Husen Maulana, Kepala BP3MD Bali Ida Bagus Made Parwata, Kepala BP3MD Riau Erman Risos, Kepala BP3MD Sumatera Barat Masru Zein, Kepala BP3MD Bengkulu Irwan. Selain mereka, total ada 46 peserta dari wilayah Sumatera, Jawa dan Bali mengikuti pelatihan ini.

Dalam sambutannya, Husen mengatakan, acara ini bertujuan meningkatkan kemampuan para pegawai BKPM daerah untuk mempromosikan informasi terkait investasi. Dia mendorong agar jajaran di daerah meningkatkan kerjasama dengan media dan mengatur strategi yang baik dalam penyampaian informasi, termasuk konten yang dibuat.

"Kita juga harus membuat kegiatan-kegiatan yang bisa mempromosikan investasi di daerah," kata Husen.

Ida Bagus Made Parwata yang didaulat untuk membuka acara kemudian menyampaikan, investasi yang tidak merata akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi. Karena itu, pemerintah mendorong agar daerah membuat strategi mempromosikan investasi, supaya mengurangi kesenjangan wilayah.

Ida Bagus menekankan pentingnya strategi dalam mengawal investasi dengan cara aktivitas pemasaran yang lebih aktif dan fokus. Salah satu caranya adalah dengan membuat strategi penyampaian informasi agar investor mau menanamkan modal di daerah masing-masing serta memperkuat citra daerah sebagai lahan investasi.

"Namun ini harus realistis dan tidak membuai dengan janji-janji belaka," pesan Ida Bagus yang tampil berbatik biru tua tersebut.

Pelatihan ini rencananya akan diisi oleh tim dari Baba Studio yang terdiri dari Dian Martin dan Zeembry. Rencananya, mereka akan membas soal konten promosi online/offline, sampai membuat penulisan artikel hingga infografis. Keduanya juga akan berbagi tips dan trik cara mengelola sebuah situs.

Sebagai gambaran investasi di daerah, Kepala BKPM Franky Sibarani pernah merilis, realisasi investasi terbanyak masih berada di Provinsi Jawa Barat (Jabar) sepanjang tahun 2015 dengan nilai Rp 98 triliun. Investasi di provinsi tersebut berhasil menyerap tenaga kerja hingga 301.474 orang atau berkontribusi sebesar 21% dari total penyerapan tenaga kerja di Indonesia sebesar 1.435.704 tenaga kerja.

Jumlah penyerapan tenaga kerja tersebut lebih tinggi dibandingkan provinsi lain yang ada di Pulau Jawa, yaitu Jawa Tengah yang mencapai 161.811 tenaga kerja, Jawa Timur sebesar 130.112 orang, serta DKI Jakarta sebesar 121.224 orang. Franky berharap, capaian ini akan diikuti juga oleh daerah lain. (mad/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed