Follow detikFinance
Jumat 19 May 2017, 18:58 WIB

Komitmen Sri Mulyani Genjot Ekonomi Tapi Tak Asal Kelola APBN

Hendra Kusuma - detikFinance
Komitmen Sri Mulyani Genjot Ekonomi Tapi Tak Asal Kelola APBN Foto: Hasan Alhabshy
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bakal tetap menjaga kredibilitas Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), meski pada satu sisi harus mendorong ekonomi tumbuh lebih cepat, pengurangan kemiskinan dan angka pengangguran.

"Perlu langkah strategis jaga pertumbuhan ekonomi, dan berusaha capai tujuan pembangunan, kurangi kemiskinan, tingkatkan pekerjaan, tanpa buat APBN tidak sustain," ungkapnya di dalam konferensi pers di Gedung Mari'e Muhammad, Kantor Pusat Ditjen Pajak, Kemenkeu, Jakarta, Jumat (19/5/2017).

APBN merupakan instrumen penting ketika mendorong perekonomian. Apalagi ketika kondisi global mulai tidak bersahabat, sehingga ekonomi harus didorong lebih awal melalui belanja negara yang produktif.

Langkah itu harus diimbangi dengan peningkatan penerimaan yang terukur. Sehingga tidak ada kekhawatiran kekurangan dana untuk belanja hingga akhir tahun. Apalagi bila harus menambah utang lebih besar.

"Dari sisi pengelolaan utang tetap stabil, lalu langkah pemerintah mengurangi defisit, membuat masa depan APBN kita lebih baik," ujarnya.

Hal ini sesuai dengan fokus yang disampaikan oleh lembaga pemeringkat Standard and Poor's (S&P) pasca menaikkan peringkat Indonesia pada level BBB-. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Indonesia layak mendapatkan investment grade.

S&P memproyeksikan ekonomi Indonesia bisa tumbuh 5,3% tahun ini, inflasi 4,7%, defisit anggaran 2,4% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) dan rasio utang mencapai 28,2% terhadap PDB.

"Apa yang disampaikan S&P sesuai dengan apa yang kita monitor dan tentu kita jaga dalam kondisi positif dan bahkan outlook yang disampaikan S&P bisa dari stable ke positif," tandasnya. (mkj/dna)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed