Follow detikFinance
Sabtu 20 May 2017, 08:58 WIB

Kemendag Klaim Stok Daging Sapi di Bandung Aman, Harga Tak Naik?

Mukhlis Dinillah - detikFinance
Kemendag Klaim Stok Daging Sapi di Bandung Aman, Harga Tak Naik? Foto: Yulida Medistiara/detikFinance
Bandung - Persediaan daging sapi menjelang bulan suci Ramadan dan Idul Fitri di Kota Bandung dipastikan aman. Sehingga, tidak ada alasan bagi pedagang di Kota Bandung menaikan harga daging sapi.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP) Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan sebanyak enam feedloter siap memasok sapi untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan dan Lebaran.

Lebih lanjut Elly menjelaskan jelang bulan Ramadan diperkirakan permintaan daging sapi meningkat empat kali lipat menjadi 400 ekor sapi. Sementara idul fitri meningkat 6,5 kali lipat menjadi 650 ekor sapi.

"Ramadan dan Idul Fitri tahun ini kita sudah ada jaminan pasokan dari enam feedloter. Jadi kami yakin stok aman," ungkap Elly di RPH Ciroyom, Jalan Arjuna, Kota Bandung, Jumat (19/5/2017) malam.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Tjaya Widayanti mengatakan stok daging sapi yang ada nanti harus diiring dengan pengawasan distribusi di pasaran. Sehingga, tidak ada celah bagi oknum untuk menaikan harga.

"Kita lihat dalam sisi pasokannya aman, jadi nanti kita harapkan distribusinya ke pasar-pasar juga lancar sehingga tidak akan menganggu stok dari suatu tempat," kata dia.

Menurutnya dengan kondisi ini tidak perlu lagi ada kekhawatiran kenaikan harga daging sapi di pasaran. Pasalnya, penyebab kenaikan harga yang selama ini terjadi karena minimnya pasokan.

"Kita perlu membuat ibu-ibu yang mempersiapkan puasa dan Lebaran tidak terganggu ibadahnya karena memikirkan harga," ungkap Tjaya. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed