Follow detikFinance
Minggu 18 Jun 2017, 23:36 WIB

Jaga Ketersediaan Daging Sapi, 36 Feedloter Diawasi Ketat

Citra Fitri Mardiana - detikFinance
Jaga Ketersediaan Daging Sapi, 36 Feedloter Diawasi Ketat Foto: Citra Fitri Mardiana/detikFinance
Jakarta - Guna memastikan stok sapi di Rumah Potong Hewan (RPH) aman hingga Lebaran, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bersama pemerintah dan satgas pangan melakukan pengawasan secara ketat kepada 36 pengusaha penggemuk sapi (feedloter).

Pengawasan tersebut dimaksudkan untuk menjaga distribusi sapi impor di feedloter hingga ke Rumah Potong Hewan (RPH) agar tidak terjadi penumpukan yang menyebabkan daging sapi di tingkat pedagang berkurang seperti kegagalan yang terjadi 2015 lalu. Setidaknya pada periode April-Juni 2017, jumlah impor sapi bakalan nasional mencapai 160 ribu ekor atau setara dengan 31.800 ton.

"Ini lah yang akan kita jaga betul, jangan sampai sapi bakalan yang kita impor terjadi penumpukan di feedloter seperti tahun 2015 lalu sehingga daging sapi segar di retailer berkurang," ungkap Syarkawi, Minggu (18/6/2017).

Seperti diketahui kebutuhan daging nasional tahun 2017 sebesar 604 ribu ton, sedangkan 354 ribu ton diantaranya berhasil dipenuhi dari dalam negeri. Dengan demikian sisa kebutuhan tersebut harus melalui impor baik dalam bentuk daging sapi beku atau sapi bakalan.

"Menurut feedloter kebutuhan sapi seperti itu siap mereka pasok. Itu yang ingin kami pastikan dengan sidak sebentar ke beberapa RPH dengan melihat apakah pasokan sapi siap potong dari feedloter ke RPH itu masih stabil seperti komitmen mereka di awal," ujarnya.

Setidaknya, tercatat 36 importir daging bakalan yang hingga saat ini masih diawasi pergerakan usahanya. Sebagian besar dari mereka adalah importir sapi bakalan dari Australia.

"Sekarang ada 36 importir daging bakalan yang akan kita awasi terus, dan dominan masih dari Australia. Ada kurang lebih 36 feedloter yang kami pantau dan ini yang terdaftar di Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan," ujarnya. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed