Follow detikFinance
Selasa 04 Jul 2017, 17:21 WIB

Arus Balik Lebaran dengan Pesawat Diprediksi Masih Tinggi

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Arus Balik Lebaran dengan Pesawat Diprediksi Masih Tinggi Foto: Antrean penumpang di Terminal 1 C Bandara Soekarno-Hatta/Eny-detikcom
Jakarta - Pemerintah memprediksi arus balik Lebaran dengan pesawat masih tinggi selama sepekan ini. Pasalnya, liburan anak sekolah masih berlangsung.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Agus Santoso, mengatakan telah menginstruksikan jajarannya serta pihak stakeholder penerbangan agar terus siaga.

"Kalau sekarang kan pola arus baliknya berbeda. Tadinya seminggu pertama adalah yang kerja. Kalau seminggu kedua ini ada anak sekolah," kata Agus di Kemenhub, Jakarta, Selasa (4/7/2017).


Agus menerangkan, ekstra flight atau penambahan penerbangan juga masih dibuka bagi sejumlah maskapai. Hal itu untuk mengantisipasi jumlah penumpang diperkirakan masih tinggi.

"Lima hari ini flat (sampai Jumat), weekend akan naik lagi, dan ini kita usahakan bisa maintain dengan pesawat yang ada," kata Agus.

Lebih lanjut Agus menambahkan, bahwa pertumbuhan penumpang pesawat udara pada tahun ini di luar prediksi awal Kemenhub yang sebesar 9,8% pada H-7 dan H+7. Realisasi saat ini disebut sudah mencapai 12,99%.

"Tahun terakhir kan hanya 12,25%, kita berpikir itu akan naik turun, tapi ternyata naik terus. sekarang sudah 12,99%. Ini menandakan ability to pay atau daya beli masyarakat Indonesia itu naik. Ini salah satu indikasi bahwa ekonomi rakyat Indonesia secara umum itu sudah naik," tutupnya. (hns/hns)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed