Follow detikFinance
Senin 17 Jul 2017, 19:30 WIB

Jurus Pemerintah Agar Tak Ada Lagi Orang Miskin di RI

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Jurus Pemerintah Agar Tak Ada Lagi Orang Miskin di RI Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Angka kemiskinan di Indonesia meningkat sebanyak 6.900 orang selama bulan September 2016 hingga Maret 2017.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengakui memang tidak mudah untuk menekan kemiskinan hingga di bawah 10%. Saat ini, kata Darmin, pemerintah bakal menjalankan kebijakan pemerataan ekonomi secara penuh untuk dapat mengurangi jumlah kemiskinan.

"Memang makin lama makin susah itu menurunkannya (kemiskinan) karena orang miskin nya enggak seperti dulu kan. Satu, itu kalau turun ke bawah 10% tuh sudah kita tidak mudah," kata Darmin di kantornya, Jakarta, Senin (16/7/2017).

"Tapi ya memang kebijakan pemerataan harus bisa kita push. Nah itu kan belum jalan, masih sedikit. Tapi bulan bulan Agustus ini akan mulai kita percepat. Memperbaiki pemerataan apa saja itu. Sebenarnya kalau rumusannya kita sudah buat. Kebijakan pemerataan ekonomi itu tapi pelaksanaannya memang soal lahan macam-macam itu masih butuh waktu," sambung Darmin.


Selain itu, lanjut Darmin, penyaluran subsidi pemerintah hingga saat ini terus berjalan. Dengan penyaluran subsidi, maka tingkat kemiskinan bisa dapat terjaga.

"Subsidi itu jalan dari dulu. Kalau diberhentikan baru jadi masalah. Kalau jalan terus ya begini, diperlukannya kebijakan-kebijakan tambahan, untuk menurunkan tingkat kemiskinan," tutupnya. (mkj/mkj)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed