Follow detikFinance
Rabu 13 Sep 2017, 18:05 WIB

Setoran Pajak Baru Setengah Target, Darmin: Jangan Terlalu Risau

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Setoran Pajak Baru Setengah Target, Darmin: Jangan Terlalu Risau Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan mencatat penerimaan pajak dari Januari hingga Agustus 2017 baru mencapai Rp 686 triliun atau 53,5% dari target APBN-P 2017 sebesar Rp 1.283,6 triliun.

Menko Perekonomian Darmin Nasution mengakui penerimaan pajak tersebut di bawah dari perkiraan. Selain itu, penerimaan pajak di tahun lalu juga terbantu oleh program tax amnesty yang tahun ini tidak ada.

"Memang penerimaan kita tidak cukup seperti harapan kita. Tapi ini kan ada hubungannya dengan baru bayar tax amnesty segala macem ada loh itu, tapi ada juga hubungannya dengan perkembangan ekonomi," kata Darmin di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Meski demikian, Darmin meminta hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan. Pasalnya, Ditjen Pajak tengah mengoptimalkan penerimaan pajak melalui sistem informasi dan teknologi (IT) yang lebih modern.

"Jangan terlalu risau, kita sendiri sedang siapkan juga perubahan IT dari perpajakan supaya pajaknya kemudian lebih efektif collectnya," tutur Darmin.

Mengenai kemungkinan pengampunan pajak kedua kali, Darmin menegaskan bahwa pemerintah tidak akan membuka kesempatan kedua.

"Itu enggak kredibel kalau dibuka pintu lagi, namanya begituan ya kalau enggak pake kesempatannya ya ambil risiko," tutur Darmin.

Setoran Pajak Baru Setengah Target, Darmin: Jangan Terlalu RisauFoto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah
(ara/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed