Follow detikFinance
Jumat 22 Sep 2017, 19:24 WIB

Jokowi Cerita Tantangan Tembus Bukit Demi Bangun Tol Cisumdawu

Dana Aditiasari - detikFinance
Jokowi Cerita Tantangan Tembus Bukit Demi Bangun Tol Cisumdawu Foto: Dok. Kementerian PUPR.
Jakarta - Pemerintah terus melakukan percepatan pada berbagai proyek pembangunan infrastruktur nasional. Salah satu yang mendapat perhatian khusus adalah proyek jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Lewat aku Facebook-nya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menceritakan bagaimana tantangan membangun jalan tol Cisumdawu yang rutenya harus menembus bukit.

"Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu di Jawa Barat memiliki satu tantangan sendiri. Konstruksinya menembus bukit di Desa Cilengser, Kabupaten Sumedang, berupa terowongan sepanjang 472 meter," kata Jokowi dalam unggahannya dalam akun facebook resmi yang dikutip detikFinance, Jumat (22/9/2017).


Saat ini proyek yang diproyeksikan menelan biaya investasi mencapai Rp 8,4 triliun ini terus dikebut pekerjaannya.

Termasuk mengebut pembangunan terowongan. Meski penuh tantangan, Jokowi mengatakan, Pemerintah bersama investor dan kontraktor pelaksana pembangunan, berkomitmen untuk sesegera mungkin merealisasikan jalan tol tersebut.

Tercermin dari sejumlah perkembangan pembangunan konstruksi yang sudah mulai tampak.

"Saat ini, terowongan selebar 14 meter itu telah tembus sepanjang 65 meter. Selain terowongan, di ruas tol ini ada Jembatan Cinampel yang pilar-pilarnya sedang dalam pengecoran," sambung Jokowi.

Pada lokasi pembangunan jalan tol, sejumlah ruas juga sudah masuk dalam tahap pembetonan. Tak jarang, jalan berlapis beton warna putih pun sudah tampak mulus melapisi permukaan jalan.

Jalan tol sepanjang 58,5 km ini dibangun dalam 6 seksi ini, yang akan menjadi penunjang Bandara Kertajati di Jawa Barat.

Dari 6 seksi ruas jalan tol yang dibangun, seksi II mengalami perkembangan paling maju mencapai 79,10%.

Untuk pembebasan lahan jalan tol ini juga terus menunjukkan perkembangan. Masih dari data BPJT, pembebasan tanah untuk seksi I Cileunyi-Tanjung Sari 14,70 km telah mencapai 69,86%, seksi II Tanjung Sari-Sumedang 19,2 km telah mencapai 95,26%.

Berikutnya adalah pembebasan lahan untuk seksi III Sumedang-Cimalaka 3,15 km telah mencapai 98,08%, Seksi IV Cimalaka-Legok 8,20 km mencapai 1,64%.

"Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61,1 kilometer menghubungkan wilayah tengah dengan utara Jawa Barat. Tol ini juga akan menghubungkan kawasan strategis nasional Cekungan Bandung dengan Bandara Kertajati yang sedang dibangun di Majalengka. Bila tak ada halangan, Jalan Tol Cisumdawu akan selesai dan beroperasi seluruhnya pada tahun 2019," tandas Jokowi. (dna/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed