Follow detikFinance
Minggu 24 Sep 2017, 17:24 WIB

Mentan: Kerugian Petani Sekarang Ditanggung Asuransi

Muhammad Idris - detikFinance
Mentan: Kerugian Petani Sekarang Ditanggung Asuransi Foto: Wisma Putra/detikcom
Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman, menyebut asuransi pertanian pada komoditas padi mulai efektif berjalan. Dia mengklaim, kerugian petani panen yang gagal diganti oleh asuransi.

"Baru-baru ini kekeringan dan hama, tapi kerugian ditanggung asuransi. Ada yang menarik di Bojonegoro, banjir datang petani senang. Kalau bisa banjir terus menerus," kata Amran saat Jambore Peternak Nasional 2017 di Lapangan Buperta, Cibubur, Jakarta, Minggu (24/9/2017).

Asuransi pertanian yang berjalan cukup baik, lanjutnya, juga nantinya akan menyasar peternak sapi. Dirinya menjamin asuransi hewan nantinya juga akan disubsidi sebagaimana halnya pada petani padi.

"Yang dibayar untuk (peternak) sapi hanya Rp 40 ribu, 80% ditanggung pemerintah, 20% ditanggung peternak per ekor per tahun. Kalau beras gabah hanya Rp 36 ribu per hektar," tutur Amran.

Pada kesempatan yang juga dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu, Amran juga mengklaim kesejahteraan petani sudah lebih baik yang dilihat dari peningkatan Nilai Tukar Peternak (NTP). "NTP peternak naik saat ini mencapai 107, yang dulunya hanya 102," pungkasnya. (idr/mkj)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed