Follow detikFinance
Jumat 13 Oct 2017, 14:59 WIB

Dear Syahrini dan Selebgram Cs, Ini Saran Agar Tak Dikejar Pajak

Hendra Kusuma - detikFinance
Dear Syahrini dan Selebgram Cs, Ini Saran Agar Tak Dikejar Pajak Foto: Dok. Instagram/princessyahrini
Jakarta - Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) menegaskan, penghasilan yang didapat oleh para pekerja bebas seperti artis hingga selebriti instagram (selebgram) harus dilaporkan dalam SPT Tahunan.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama mengatakan, laporan penghasilan yang didapat bisa dilaporkan secara langsung pada waktu pengisian SPT Tahunan.

"Pelaporannya sekalian saat mengisi SPT Tahunan," kata Hestu saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Jumat (13/10/2017).


Hestu mengatakan, para pekerja bebas memang mendapatkan penghasilan tidak menentu, berbeda dengan karyawan yang dapat penghasilan setiap bulan. Oleh sebab itu, perlu membuat pembukuan atau pencatatan yang baik sehingga bisa melaporkan secara lengkap untuk satu tahunnya.

Dia menambahkan, SPT Tahunan juga telah mengakomodir pelaporan seluruh jenis penghasilan, baik penghasilan dari usaha atau pekerjaan bebas, penghasilan sebagai karyawan, penghasilan yang PPh bersifat final seperti deposito, bahkan penghasilan yang bukan objek pajak seperti warisan.


Jika para pekerja bebas masih kesulitan dalam pembukuan atau pencatatan penghasilan, bisa mendatangi account representative (AR) di KPP (Kantor Pelayanan Pajak) terdaftar untuk konsultasi mengenai hal tersebut.

"Silahkan yang bersangkutan atau manajernya komunikasi atau datang bertemu account representative," jelas Hestu.


Sementara itu, Direktur Potensi, Kepatuhan, dan Penerimaan Pajak, Yon Arsal menambahkan, jika selebgram menerima penghasilan dari suatu perusahaan, maka perusahaan yang bersangkutan punya kewajiban melakukan pemotongan pajak pada saat penghasilannya dibayarkan.

"Bagi si penerima penghasilan nanti dilaporkan di SPT-nya dan pajak yang sudah dipotong menjadi kredit pajak," tutur Yon. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed