Follow detikFinance
Selasa 17 Oct 2017, 13:35 WIB

JK Terbang ke Istanbul, Hadiri Pertemuan D-8

Muhammad Taufiqqurahman - detikFinance
JK Terbang ke Istanbul, Hadiri Pertemuan D-8 Foto: Rina Atriana/detikcom
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) akan menghadiri pertemuan D-8 di Istanbul, Turki pada Rabu 18 Oktober 2017 besok. D-8 Merupakan organisasi kerja sama ekonomi negara-negara Islam di dunia.

Sekretaris Wakil Presiden Muhammad Oemar mengatakan D-8 dibentuk era pemerintahan Presiden Soeharto sekitar tahun 1996. Negara-negara yang berada di D-8 ini juga anggota dari Organisasi kerjasama Islam (OKI).

"D-8 itu ke ekonomi dan sekarang malahan ke rules making, kalau ini kan mau kerja sama. Bagaimana cara mempermudah investasi antara negara-negara muslim. Perdagangan didorong. kalau dia (OKI) kan global, bukan antarnegara," kata Oemar di kantor Wapres, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (17/10/2018)7).

"Sebetulnya maksudnya untuk kerja sama antara negara-negara Islam di bidang ekonomi," sambungnya.

Menurutnya, dalam forum ini Indonesia menjajaki peluang-peluang peningkatan kerjasama ekonomi, serta pada perdagangan industri.

Peningkatan kerjasama ekonomi ini akan melihat pada kepentingan nasional Indonesia, termasuk mencari peluang di pasar-pasar baru di negara Islam.

"Kalau kita bisa ekspor produk kita lebih mudah, aksesnya kan lebih bagus. kita sendiri kebetulan lagi menghadapi negara-negara utama mulai jenuh. Pasar ekspor pemerintah kan mau cari pasar non tradisional," terangnya.

Sementara itu, Duta Besar Turki untuk Indonesia Sander Gurbuz usai bertemu Wapres JK mengatakan bahwa negaranya terus menindaklanjuti kerjasama dengan Indonesia, terlebih usai kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada bulan Juli lalu.

"Ini pertemuan pertama (D-8) sejak 9 tahun lalu. Secepatnya kita akan membahas soal perdagangan bebas dengan Indonesia," ujarnya.

Tidak hanya itu, beberapa perusahaan besar di Turki tertarik melalukan investasi ke Indonesia khususnya di bidang energi, konstruksi, turisme, industri pertahanan. (tfq/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed