Follow detikFinance
Senin 23 Oct 2017, 14:44 WIB

Pesan Jokowi ke Rini dan Menhub Soal Proyek Kereta Cepat JKT-BDG

Hendra Kusuma - detikFinance
Pesan Jokowi ke Rini dan Menhub Soal Proyek Kereta Cepat JKT-BDG Foto: Pool
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini mengumpulkan sejumlah menteri kabinet kerja di Istana. Salah satu materi yang dibahas adalah soal proyek kereta cepat Jakarta-Bandung (JKT-BDG).

Jokowi pun berpesan kepada para menteri yang hadir, di antaranya Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, soal proyek kereta cepat ini.

Menurut Rini, Presiden Jokowi meminta kepada menteri kabinet kerja yang berkaitan langsung dengan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung untuk mempersiapkan seluruh prosesnya dari awal. dia menjelaskan, perkembangan pembangunan kereta cepat masih berjalan sesuai target waktu yang telah ditetapkan.


"Masih sama saja di dalam progres, masih pembebasan, (arahan presiden) semuanya, waktunya, tunnel-nya, betul-betul mempersiapkan dengan baik," kata Rini di Komplek Istana, Jakarta, Senin (23/10/2017).

Mengenai skema pembiayaannya, lanjut Rini, masih sesuai dengan skema yang telah ditetapkan selama ini. Di mana berasal dari China sebesar US$ 5,585 miliar yang didanai oleh konsorsium China dan Indonesia. Pembiayaannya mencakup modal internal dan pinjaman.

"Persis sama enggak berubah," jelas Rini.


Pada kesempatan yang sama, Budi Karya menambahkan akan menindaklanjuti terkait dengan batas waktu pembangunan, pendanaannya, hingga mengatur lalu lintas saat pembangunannya berjalan maupun selesai.

"Inikan dibangun kita harus menyelesaikan lalu lintasnya dengan baik, lalu mengenai perusahaan-perusahaan yang ada, BUMN dipastikan mereka kemampuan equity," terang Budi.

Presiden Jokowi, kata Budi, membahas secara detail mengenai pembebasan lahan, pembiayaan, hingga target waktu yang telah ditetapkan.

"(Arahan presiden), waktunya sama, tapi risiko-risiko apapun itu harus diperhitungkan di awal," jelas dia. (hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed