Follow detikFinance
Selasa 24 Oct 2017, 17:32 WIB

Saat Jokowi Bingung Bedakan SMI dengan 'SMI'

Danu Damarjati - detikFinance
Saat Jokowi Bingung Bedakan SMI dengan SMI Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Sore ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan khusus kepada Gubernur, Bupati dan Wali Kota seluruh Indonesia. Banyak hal yang disampaikan, dari pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), korupsi hingga pembiayaan pembangunan.

Saat menyampaikan soal pembiayaan, Jokowi tampak bingung ketika menyebutkan PT SMI. Ia berulang kali menengok ke kiri dan kanan untuk mendapatkan jawaban atas kebingungannya.

"Berkaitan dengan inovasi pembiayaan kalau ada di daerah-daerah saudara ingin bangun rumah sakit, pasar, income dari situ jelas bisa pinjam ke PT SMI itu apa? Sri Mulyani Indrawati?," ungkap Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (24/10/2017).


Sri Mulyani yang hadir di lokasi tampak tersenyum dan menjawab pertanyaan Jokowi dan menyebutkan PT SMI adalah Sarana Multi Infrastruktur. PT SMI merupakan perusahaan BUMN di bawah Kemenkeu yang bergerak di bidang pembiayaan infrastruktur.

"Oh Sarana Multi Infrastruktur, bisa pinjam ke PT SMI punya bu Sri Mulyani Indrawati. Mirip-mirip sih yang satu Sri Mulyani Indrawati, satu Sarana Multi Infrastruktur. Namanya panjang banget," kata Jokowi yang disambut tawa para kepala daerah.

Jokowi menyampaikan, bunga pinjamannya adalah 6,9%. Lebih rendah bila dibandingkan dengan perbankan.

"Tapi ini juga dilihat di lapangan di lihat business plan-nya seperti apa, dilihat proyeknya seperti apa tapi ini alternatif pembiayaan yang kalau bapak ibu belum kenal ada namanya PT SMI, nanti dicicil lewat APBD per tahun," pungkasnya. (mkj/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed