Follow detikFinance
Jumat 17 Nov 2017, 22:45 WIB

Mentan: Banyak Negara Ingin Belajar Cara RI Raih Swasembada Pangan

Edward Febriyatri Kusuma - detikFinance
Mentan: Banyak Negara Ingin Belajar Cara RI Raih Swasembada Pangan Foto: Edward Febriyatri Kusuma/detikcom
Maros - Selain menggenjot infrastruktur, pemerintah juga meningkatkan produksi pertanian sehingga bisa mencapai swasembada dan ekspor ke negara lain. Contohnya, beras, bawang merah, dan jagung.

Menurut Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, sejumlah negara tertarik belajar cara Indonesia bisa mencapai swasembada.

"Banyak negara yang datang, dua bulan ini kami terima 5 dan 6 menteri dari berbagai macam negara. (Mereka) ingin belajar di Indonesia, bagaimana bisa begitu cepat swasembada," ujar Amran dalam kunjungan kerja di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Jumat (17/11/2017).


Amran mengatakan, setelah sukses dengan swasembada pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan) akan fokus menginventarisir berbagai persoalan yang dihadapi petani ke depan.

"Sekarang ini kami menyisir apa persoalan petani dua tahun ke depan di pemerintahan Jokowi-JK," tutur Amran.

Sementara itu saat kunjungan ke Desa Mende, Kabupaten Soppeng, Amran menjelaskan Kementan bekerja sama dengan TNI membuka lahan sawah baru. Lokasi itu tersebar pada enam Kecamatan di Kabupaten Soppeng.


Amran meminta petani di Soppeng tidak hanya menanam padi, tetapi komoditas strategis lainnya seperti jagung. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan nasional.

"Kami akan berikan benih jagung mungkin 10 ribu atau 20 ribu serta tanaman lainnya termasuk peralatan yang dibutuhkan di sini," paparnya.


Menurut Amran jika ingin mencukupi ketahanan pangan di Indonesia, kuncinya ada di tangan petani.

"Kita manjakan petani Indonesia. Kalau kita manjakan petani, dia akan manjakan Indonesia dengan produksi pertanian," pungkas Amran (edo/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed