Follow detikFinance
Jumat 24 Nov 2017, 09:51 WIB

Mau Pernikahan Adat Seperti Kahiyang-Bobby? Segini Biayanya

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Mau Pernikahan Adat Seperti Kahiyang-Bobby? Segini Biayanya Foto: Media Center Kahiyang-Bobby
Jakarta - Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution akan menggelar resepsi adat Mandailing pada 26 November mendatang. Sebelumnya, pasangan ini juga telah mengikuti beberapa rangkaian acara adat.

Lantas, berapa biaya yang perlu disiapkan untuk melaksanakan upacara dan resepsi adat seperti ini? Menurut General Manager BRP Ballroom, Sagaf Basry untuk memperhitungkan biaya, hal yang paling mendasar adalah dari jumlah tamu undangan.

Sebagai informasi, Kahiyang dan Bobby mengundang sekitar 5.000 tamu. Sehingga perhitungan yang ditetapkan adalah 10.000 tamu. Sebab pada dasarnya satu undangan berlaku untuk dua orang.

"Kalau 5.000 berarti 80% sampai 90% datang (tamunya). Berarti kita tetap nyiapin untuk 10 ribu tamu," kata Sagaf kepada detikFinance, Kamis (23/11/2027).

Hal kedua, biaya tersebut dihitung dari lokasi perhelatan. Untuk resepsi Kahiyang-Bobby sendiri diperkirakan akan digelar di rumah. Sehingga dari dua hal tersebut, biaya sudah bisa diprediksi.

"Nah dari jumlah undangan 5.000 itu kira-kira kalau acara sederhana, enggak fancy, cuma acara rumahan tapi undangannya saja yang besar itu satu pack-nya atau satu orang Rp 80 ribu sampai Rp 100 ribu karena acara cuma di rumah," jelas Sagaf.

Lantas, dari jumlah tamu dan biaya per pack-nya dikali untuk mendapatkan hasil, yaitu 10.000 x Rp 100.000 adalah Rp 1 miliar

"Jadi kira-kira ngitungnya tetap dari jumlah pack-nya. Kalau 5.000 undangan berarti 10 ribu tamu. Nah, 10 ribu dikali katakan lah Rp 100 ribu berarti Rp 1 miliar. Itu kira-kira bersihnya, belum yang lain," terang Sagaf.

Saksikan video 20detik tentang busana Kahiyang-Bobby di sini:



Selain itu ia juga memprediksi bahwa jumlah 5.000 undangan yang disebar tersebut akan dibagi dalam beberapa sesi. Mengingat, acara tersebut akan berlangsung selama 3 hari.

Sedangkan, biaya tersebut dikatakan belum termasuk ke dalam biaya upacara adat. Untuk upacara adat sendiri, biaya yang dikeluarkan tergantung dari kelengkapan rangkaian acara yang dipilih.

Ia mengatakan pada dasarnya untuk acara adat mandailing cukup panjang karena ada beberapa rangkaian acara yang mesti diikuti. Misalnya seperti upacara penerimaan jalur nama dan penabuhan gordang.

"Pertama ngaturnya itu dari mc. Kedua dari perlengkapan harus disiapin mulai dari ulosnya segala macam. Kemudian juga ada tarian, gordang, tabuhan segala macam dan ada juga balas-balasan ada pencak silatnya juga di sini bawa tombak, tabuh gendang terus pesan-pesan pakai bahasa batak kepada mempelai," sambungnya.

Harga biaya upacara adat tersebut diperkirakan Sagaf mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 100 juta. Hal ini tergantung dari kelengkapan rangkaian acara yang akan dipilih.

Sehingga ia merinci biaya, sebagai berikut:

-Katering Rp 80 ribu x 10 ribu tamu = Rp 800 juta.

-Entertainment (band) Rp 20 juta per tampil x 6 = 120 juta. (Sebagai informasi, band pendamping resepsi akan menyanyikan 100 buah lagu. Sedangkan, Sagaf mengatakan band biasanya dibayar per tampil, sehingga 1 lagu yang kira-kira berdurasi 4 menit dikalikan 100 lagu, yaitu 400 menit. Sehingga 400 menit dibagi per jam adalah sekitar 6 jam)

-Upacara adat full Rp 100 juta

-Dekorasi rumah Rp 100 juta

-Make up dan perlengkapan Rp 100 juta

-Wedding organizer Rp 100 juta

-Foto dan videografer Rp 100 juta

-Suvenir Rp 250 juta (perkiraan harga Rp 50 ribu)

Sehingga total biaya yang dikeluarkan diperkirakan sebanyak Rp 1,77 miliar.

"Lalu ada cetak undangan dan lain-lain itu sampai lah Rp 2 miliar. Itu sudah termasuk upacara adat. Ini prediksi ya karena data kurang. Cuma dari pengalaman ya gitu," tutupnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed