Follow detikFinance
Senin 11 Dec 2017, 11:44 WIB

Mentan: Harga Beras dan Bawang Merah Stabil Tanpa Impor

Zunita Amalia Putri - detikFinance
Mentan: Harga Beras dan Bawang Merah Stabil Tanpa Impor Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom
Jakarta - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyatakan harga beras dan harga bawang merah stabil tanpa harus mengimpor. Bahkan Amran menyebut, Indonesia mengekspor bawang merah dan cabai.

Hal tersebut dikatakan oleh Amran dalam acara Rapat dengan Topik Antisipasi/Kenaikan Harga Pangan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (11/12/2017).


Amran menyebut, stok pangan untuk tahun ini mencukupi, terutama menjelang hari raya Natal dan akhir tahun ini.

"Kami terima kasih pada Kapolri beserta jajarannya yang terpenting adalah tahun ini stok cukup. Yang kedua kami terima kasih pada satgas pangan di mana harga stabil tahun 2017," ujar Amran.

Dia juga mengatakan, ada hal yang berbeda di tahun ini, yaitu harga sejumlah komoditas stabil tanpa harus impor.

"Yang pertama kita stabil harga tanpa impor beras, yang kedua kita menstabilkan harga tanpa impor bawang merah bahkan kita sudah ekspor ke beberapa negara, yang ketiga kita stabil harga jagung tanpa impor jagung, yang keempat adalah cabai segar ini yang menarik ada 4 komunitas strategis stabil harganya tetapi kita tidak impor bahkan kita sudah ekspor," papar Amran.

Oleh sebab itu, Amran berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pemenuhan pasokan pangan dan kestabilan harga.
"Kami ucapkan terima kasih pada Kapolri, Menteri Perindustrian, Bulog, Menteri Perdagangan dan lainnya," katanya.


Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto juga menyebut, secara umum, barang-barang pangan yang merupakan bahan baku industri seperti tepung terigu, gula, minyak goreng juga jagung dan daging sapi terbilang aman. Begitu juga dengan harganya yang masih dalam batas aman.

"Sehingga dengan demikian untuk kebutuhan industri aman. Tidak ada lonjakan (harga) untuk kebutuhan industri tentu harapannya tidak ada hal-hal signifikan yang bisa mengganggu harga pangan menjadi tidak stabil," pungkasnya.

(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed