Follow detikFinance
Jumat 12 Jan 2018, 22:30 WIB

Darmin: Jika Harga Beras Tak Membaik, Banyak Pengaruh ke Inflasi

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Darmin: Jika Harga Beras Tak Membaik, Banyak Pengaruh ke Inflasi Foto: Wahyu Daniel
Jakarta - Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution menyatakan lonjakan harga beras yang saat ini dapat mempengaruhi laju inflasi Januari. Terlebih bila harga beras tak kunjung turun di akhir bulan.

"Pengaruhnya ke inflasi iya, tapi yang bagaimana pengaruhnya harus kita tunggu nanti akhir bulan. Kalau harganya membaik di akhir bulan, tidak banyak pengaruhnya. Tapi kalau harganya tidak membaik maka pengaruhnya akan banyak," kata Darmin di Kantornya, Jakarta, Jumat (12/1/2018).


Oleh sebab itu, pemerintah berupaya mengendalikan laju kenaikan harga beras, salah satunya dengan membuka keran impor.

"Jadi dengan adanya langkah-langkah yang diambil, untuk operasi pasar, rastra (beras sejahtera), kemudian impor, ya kita sedang mengambil langkah-langkah supaya ya harganya tidak bertahan (naik), hari ini pun sebenarnya sudah mulai ada pengaruhnya kan," kata Darmin.


"Kalau substansinya tanya ke Mendag. Kita tadi, di tempat kita Mendag laporkan bahwa akan dilakukan impor beras, Permendag yaitu melalui impor beras khusus," katanya.

Darmin juga mengatakan, sistem one map policy atau kebijakan satu peta juga sebenarnya dapat digunakan untuk membantu dalam mengetahui data apapun, termasuk data-data soal beras. Hal itu, supaya tidak ada perbedaan data satu sama lain terkait data beras dan tidak menimbulkan kebingungan.

"Metodenya kami sedang selesaikan one map policy yang kita buat dan itu akan dilaunch 18 Agustus nanti, sehingga kita pada saat itu semua data mengenai apapun di pemerintah harus menggunakan basis yang sama. Petanya ada termasuk sawah. Jadi kalau pertanyaannya bagaimana selesaikannya, ya antara lain dengan one map policy," jelasnya.

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed