Follow detikFinance
Rabu 03 Jul 2013, 09:57 WIB

Kualanamu Siap Beroperasi, Bandara Polonia Medan 'Pensiun' di 25 Juli

- detikFinance
Kualanamu Siap Beroperasi, Bandara Polonia Medan Pensiun di 25 Juli
Jakarta - PT Angkasa Pura II (AP II) bakal memulai pengoperasian Bandara baru Kualanamu, Medan pada 25 Juli 2013. Bandara ini, beroperasi penuh sebelum lebaran.

\\\"Soft operation<\/em> tanggal 25 Juli,\\\" ucap Direktur Utama AP II Tri Sunoko kepada detikFinance<\/strong>, Rabu (3\/7\/2013).

Pasca soft operation, operasional Bandara lama Polonia Medan berhenti dan beralih ke Bandara Kualanamu. \\\"Jadi Polonia nanti operational tanggal 25 Juli sudah off. Kalau pindah harus total. Nanti bingungkan airlines,\\\" tambahnya.

Saat ini, Bandara Kualanamu masuk tahap penyelesaian atau finishing interior akhir. Untuk pekerjaan kontruksi fisik, telah tuntas 100%. Pada kesempatan yang sama, Try mengaku telah meminta izin kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan untuk membuka Bandara Kualanamu sebelum lebaran. Meskipun awalnya, Dahlan meminta operasional Bandara Kualanamu diundur setelah lebaran.

\\\"Aku sudah lapor beliau. Pas lebaran padat orangnya. Minta izin ke beliau. Lebaran berikan space demi kenyamanan. Beliau setuju,\\\" jelasnya.

Terkait kekhawatiran Dahlan yang menyebutkan akan terjadi banyak komplain saat dioperaskan sebelum lebaran, Tri menilai hal tersebut sebagai sesuatu yang wajar. Untuk sebuah bandara baru, pasti ada perbaikan dan ketidakpuasan dari para penumpang.

\\\"Biasanya kalau pindah bandara, pasti ada komplain, ada sistem integrasi. Ini kan diresmikan secara resmi bulan September. Kalau diresmikan nanti nggak lancar. Mending diujicobakan dulu. Kita uji semua operasionalnya, alur penumpang, pergerakan penumpang dan barang,\\\" tegasnya.


(feb/dru)
Baca Juga
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed