Follow detikFinance
Kamis 28 Nov 2013, 13:24 WIB

Dahlan Iskan: 16.000 Pegawai Outsourcing PLN Diangkat Jadi Karyawan Tetap

- detikFinance
Dahlan Iskan: 16.000 Pegawai Outsourcing PLN Diangkat Jadi Karyawan Tetap Foto: Dahlan Iskan (dok.detikFinance)
Jakarta - Perusahaan pelat merah atau BUMN secara bertahap penyesuaian status tenaga kerja alih daya (outsourcing<\/em>) menjadi karyawan tetap. Hal ini telah dilakukan oleh PT PLN (Persero).

Menurut Menteri BUMN Dahlan Iskan, setidaknya sebanyak 16.000 tenaga kerja outsourcing<\/em> di PLN telah diangkat menjadi karyawan tetap.

\\\"Outsourcing<\/em> PLN sampai kemarin diangkat 16.000 jadi karyawan tetap. Itu akan terus bertambah,\\\" ucap Dahlan usai rapat pimpinan Kementerian BUMN di Kantor Pusdiklat PLN Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (28\/11\/2013).

Hal senada dilakukan oleh BUMN besar lainnya seperti PT Telkom Tbk (TLKM) yang mengangkat sebanyak 14.000 tenaga outsourcing<\/em> atau PT Pertamina (Persero) yang mengubah status 7.000 karyawan outsourcing<\/em>-nya menjadi pegawai tetap.

Namun pengangkatan pegawai outsourcing<\/em> menjadi karyawan tetap di lingkungan BUMN tetap harus melalui skema penilaian dan pengecekan yang ketat.

\\\"Proses pengangkatan nggak bisa dilakukan langsung. Harus dilakukan pengecekan,\\\" sebutnya.

Dahlan enggan menjawab panjang saat ditanya apakah BUMN masih membutuhkan tenaga kerja outsourcing<\/em>. Menurutnya kewenangan tersebut ada di masing-masing BUMN. Ia pun menambahkan, meskipun masih ada pegawai outsourcing<\/em> di BUMN, upah yang diterima masih di atas ketentuan Upah Miminum Provinsi (UMP). \\\"Sudah semua malah banyak yang jauh di atasnya,\\\" jelasnya.


(feb/dnl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed