Follow detikFinance
Rabu 08 Jan 2014, 14:10 WIB

Ini Keunggulan Jalur Ganda Kereta Api Jakarta-Surabaya

- detikFinance
Ini Keunggulan Jalur Ganda Kereta Api Jakarta-Surabaya
Cirebon - Pemerintah tengah mengebut proyek jalur ganda (double track<\/em>) kereta api Jakarta-Surabaya. Apa alasan pemerintah membangun proyek ini?

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono meyakini banyak dampak positif dari dibangunnya proyek jalur ganda ini. Salah satunya adalah untuk meningkatkan konektifitas ekonomi di 2 kota besar di Indonesia lewat jalur kereta lintas utara.

\\"Jangan lupa yang kita hubungkan ini 2 titik finansial Indonesia. Jakarta dan Surabaya. Surabaya kebetulan ada sentral ekonomi ke arah timur Indonesia. Jakarta ke internasional. Dengan tersambungnya ini dengan konektifitas yang semakin baik, ekonomi kita akan semakin kuat,\\" katanya saat melakukan inspeksi jalur ganda Cirebon-Surabaya, Rabu (8\/1\/2014).

Multiplier effect yang ditimbulkan diyakini akan membuat kawasan Pantai Utara lebih berkembang baik dari sisi sosial, budaya, terutama ekonomi.

\\"Tidak hanya itu Pantura ini nanti akan berkembang lebih cepat. Misalnya nanti ada kawasan industri, kawasan pergudangan, kawasan logistik, itu akan tumbuh dengan sendirinya karena aksesibilitas yang lebih baik. Jadi memang ujung-ujungnya adalah ekonomi itu tadi terfasilitasi,\\" papar Bambang.

Soal kapasitas angkutan penumpang dan barang yang ditingkatkan memang bukan hal yang diragukan lagi jika ini telah beroperasi penuh April nanti. Bambang menjelaskan, lebih jauh lagi dari penambahan kapasitas adalah pengurangan kepadatan jalur darat pantura yang berimbas kepada konsumsi BBM yang besar. Selain itu, khususnya di peak season atau musim liburan, angka kecelakaan lalu lintas pun bisa ditekan.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, beroperasinya jalur ganda secara otomatis akan menghemat waktu tempuh dari Jakarta ke Surabaya atau ke titik stasiun yang dilewatinya.

Pasti dengan sendirinya nggak perlu lagi ada persimpangan. Kalau single track kan gantian. Itu artinya di stasiun-stasiun itu ngantri, gantian,\\" terangnya.

Berapa waktu tempuh yang dapat dihemat dari Jakarta ke Surabaya?

\\"Kita akan kembali ke yang lama dulu dengan lintas KA yang lebih Jakarta-Surabaya itu 9 jam. Kita bisa hemat mungkin 8-8,5 jam tapi dengan jumlah kereta yang lebih banyak. Tambah lama tambah kompetitif,\\" ujar Bambang.

Proyek jalur ganda ini telah ada sejak lama. Jalur pertama membentang dari Jakarta-Cikampek diteruskan dari Cikampek menuju ke Cirebon. Kemudian pada beberapa tahun belakangan ini pemerintah secara massiv memperpanjang jalur ganda tersebut hingga ke Surabaya. Panjang total jalur kereta ini dari Jakarta sampai ke Surabaya mencapai 727 km.

(zul/dru)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed