Follow detikFinance
Selasa 21 Jan 2014, 12:58 WIB

Laporan dari Singapura

Tahap Pertama MRT Lebak Bulus-Kampung Bandan, Selanjutnya Rute Mana Lagi?

- detikFinance
Tahap Pertama MRT Lebak Bulus-Kampung Bandan, Selanjutnya Rute Mana Lagi? Miniatur bor terowongan MRT (Feby/detikFinance)
Singapura - Proyek Mass Rapit Transit (MRT) Jakarta fase I akan beroperasi pada Semester I-2018. Rute fase pertama membentang sepanjang 15,7 km dari Lebak Bulus hingga ke Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Saat proses kontruksi fase I, proyek MRT fase II atau lanjutan jalur utara-selatan juga mulai dilakukan kontruksi sekitar tahun 2015. Rute fase II ini membentang sepanjang 8,3 km dan diprediksi bisa beroperasi pada 2020.

Apakah pengembangan MRT Jakarta akan berhenti pasca tersambungnya Bundaran HI-Kampung Bandan? Direktur Keuangan PT MRT Jakarta Tuhiyat menjelaskan proyek akan terus berkembang layaknya MRT di Singapura. Dalam rencana desain ada pembangunan rute MRT timur-barat
yakni membentang dari Cikupa di Banten hingga Cikarang di Bekasi.

\\"Ketemu proyek Barat di Cikupa dan Timur di Cikarang. Desain sekarang masih di pemerintah pusat. Itu di Dirjen Perkeretaapian,\\" kata Tuhiyat di Singapura, Selasa (21\/1\/2014).

Karena melewati 3 provinsi, rute ini sekarang masih dalam kajian di tingkat pemerintah pusat yakni Kementerian Perhubungan. Namun rencana awal, rute ini akan bertemu dengan rute MRT utara selatan (Lebak Bulus-Kampung Bandan) di Sarinah atau Jakarta Kota.

\\"Ketemu di Sarinah atau Stasiun Kota. Pemerintah masih lihat,\\" sebutnya.

Direncanakan rute timur barat dan utara selatan akan membentang sepanjang 110 km. Namun panjang rute atau jalur MRT akan terus berkembang lagi seiring beroperasinya Jalur Timur-Barat dan Utara-Selatan terbangun seperti di Singapura.

Bahkan PT MRT Jakarta bermimpi bisa dipercaya mengembangkan dan mengelola proyek MRT di kota besar lain di tanah air, pasca proyek fase I selesai.

\\"Nantinya akan bertambah setelah Jalur Timur-Barat dan Utara-Selatan dibangun. Nanti akan ada cabang,\\" jelasnya.

(feb/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed