Follow detikFinance
Senin 09 Nov 2015, 14:45 WIB

Masuk Politeknik STAN Dapat Uang Saku Rp 10 Juta/Tahun

Maikel Jefriando - detikFinance
Masuk Politeknik STAN Dapat Uang Saku Rp 10 Juta/Tahun
Tangerang Selatan - Menjadi mahasiswa di Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, mendapat banyak keuntungan. Salah satunya adalah bebas pembayaran uang kuliah dan mendapatkan uang saku per mahasiswa totalnya Rp 10 juta/tahun.

"Setiap‎ mahasiswa akan mendapatkan sekitar Rp 10 juta per tahun. Di situ termasuk uang kuliah dan uang pembangunan juga," ujar Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Sumiati di Kampus PKN STAN, Senin (9/11/2015)

Menurut Sumiati, hal tersebut adalah kemudahan untuk mahasiswa karena telah lulus dari tes yang cukup ketat. ‎ Selanjutnya, mahasiswa akan dididik agar bisa memberikan kontribusi untuk negara. Bisa melalui pegawai negeri sipili (PNS) di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) atau di lembaga lainnya.

"Kami mendapat amanah baru, menyiapkan SDM negara, jadi bukan hanya kemenkeu. Jadi SDM yang dihasilkan dapat diangkat menjadi PNS di Pemerintah Pusat dan Pemda dan berbagai lembaga seperti BUMN dan BUMD dan lembaga lain yang mendapat fasilitas negara," paparnya.

Sumiati menambahkan, sistem ini masih disebut sebagai ikatan dinas. Bila mahasiswa keluar dari ikatan tersebut, maka akan dikenakan penalti atau mengembalikan biaya sebanyak aturan yang diterapkan.

"Untuk yang dalam kasus ini persentasenya sangat kecil sekali. Dan itu selalui kita lakukan pendalaman melalui wawancara kepada individu tersebut. Tapi kalau tidak juga berarti. Diminta untuk mengembalikan biaya pendidikan, supaya menggantikan yang seharusnya. Tapi itu ada hitungannya," papar Sumiati.

(mkl/hen)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed