Follow detikFinance
Sabtu 09 Jan 2016, 19:30 WIB

Ada Ancaman La Nina, Produksi Kedelai Akan Terganggu

Michael Agustinus - detikFinance
Ada Ancaman La Nina, Produksi Kedelai Akan Terganggu
Jakarta -

Pemerintah menargetkan swasembada 3 bahan pangan pada tahun 2017, yaitu padi, jagung, dan kedelai. Diantara ketiga bahan pangan yang ditargetkan swasembada tersebut, kedelai adalah yang paling sulit dicapai.

Produksi kedelai pada 2015 lalu baru sekitar 983 ribu ton, sedangkan kebutuhan kedelai di dalam negeri mencapai 2,5 juta ton. Tahun 2016 ini, produksi kedelai ditargetkan naik sampai 1,5 juta ton.

‎Tetapi Kementerian Pertanian (Kementan) sendiri pesimis produksi kedelai bisa digenjot hingga 1,5 juta ton pada 2016 ini. Apalagi, ada potensi serangan la nina pada bulan Oktober mendatang.

La nina akan membuat curah hujan tinggi, musim hujan lebih panjang dari biasanya. Tanaman kedelai yang tergolong sensitif terhadap iklim basah akan terganggu.

"Produksi kedelai nanti akan susah karena musim hujan lebih banyak," kata Dirjen Tanaman Pangan Kementan, ‎Hasil Sembiring, kepada detikFinance di Jakarta, Sabtu (9/1/2016).

Hasil menambahkan, ‎sebenarnya ada teknologi untuk membuat kedelai terjaga dari air yang terlalu banyak, yaitu dengan cetak carem.

"Jadi kalau cetak sawah, pinggirannya dikasih saluran keliling. Drain out jadi cepat. ‎Kalau kelembaban dijaga akan lebih bagus produksi kedelai," tukasnya.

Namun, pihaknya tak yakin para petani mau bersusah payah menanam kedelai ketika terjadi musim hujan yang panjang. Pasalnya, harga kedelai saat ini tidak menguntungkan petani. Tentu saja petani lebih memilih menanam tanaman pangan lain seperti padi dan jagung yang lebih menguntungkan.‎

"Kalau sudah ada rangsangan harga, baru petani akan terdorong menanam kedelai," tuturnya.

‎Meski demikian, pihaknya masih akan tetap mempertahankan target swasembada kedelai pada 2017. Pemerintah belum berencana untuk merevisi target tersebut.

"Belum ada perubahan kebijakan," pungkasnya.

(hns/hns)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed