Follow detikFinance
Kamis 21 Jan 2016, 19:35 WIB

Sekali Jalan, Kereta Cepat JKT-BDG Bisa Bawa 583 Orang

Feby Dwi Sutianto - detikFinance
Sekali Jalan, Kereta Cepat JKT-BDG Bisa Bawa 583 Orang foto: Jokowi di lokasi groundbreaking kereta cepat
Jakarta - Kereta cepat Jakarta-Bandung akan mulai beroperasi pada tahun 2019. Saat beroperasi di awal, pengelola akan mengoperasikan 11 train set (Electric Multiple Unit/EMU).

Satu train set terdiri dari 8 kereta atau gerbong. Artinya, satu rangkaian kereta bisa membawa 583 penumpang dalam sekali jalan.

"Setiap kereta mampu mengangkut 583 orang sekali jalan," Kata Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Hanggoro Budi Wiryawan dalam keterangannya, Kamis (21/1/2016).

Kapasitas ini, tentunya bisa dinaikkan hingga 2 rangkaian untuk sekali jalan. Kondisi ini diterapkan saat terjadi kenaikan permintaan seperti libur panjang.

"Dalam situasi puncak kereta dapat digabungkan menjadi dua set sehingga total penumpang lebih dari 1.000 penumpang," sebutnya.

Untuk pengadaan kereta, KCIC akan membeli dari produsen asal China, yakni China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) Sifang. KCIC sendiri rencananya mengoperasikan layanan kereta cepat Jakarta-Bandung selama 18 jam dalam sehari.

Guna mendukung operasional kereta cepat tersebut, jaringan kereta cepat Jakarta-Bandung membutuhan pasokan listrik 75-100 megawatt (mw).

"Rencananya KCIC bekerjasama dengan PLN dan direncanakan dalam jangka panjang akan membangun power plant sendiri untuk memastikan tidak ada gangguan pasokan listrik saat kereta beroperasi," sebutnya.

(feb/drk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed