Follow detikFinance
Selasa 30 Aug 2016, 18:25 WIB

DAU Ditunda, Sri Mulyani: Saya Meminjam Uang ke Daerah

Maikel Jefriando - detikFinance
DAU Ditunda, Sri Mulyani: Saya Meminjam Uang ke Daerah Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, memastikan pemangkasan dana transfer ke daerah, khususnya Dana Alokasi Umum (DAU), hanya bersifat penundaan. DAU yang ditunda ini nantinya akan disalurkan kembali kepada daerah.

"DAU hanya adanya penundaan. Saya meminjam uang ke daerah, karena kami tidak ada uangnya," ungkap Sri Mulyani, dalam rapat kerja dengan Badan Anggaran (Banggar) di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (30/8/2016).

Sri Mulyani memastikan, langkah penundaan ini tidak akan menganggu kondisi keuangan daerah sampai dengan akhir tahun. Terutama untuk pembayaran gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) daerah dan belanja modal atau infrastruktur.

"Daerah tetap akan bisa membayar gaji seluruh PNS, termasuk soal guru. DAK termasuk guru adalah angka yang disampaikan dari Kemendiknas," paparnya.

Mantan Direktur Bank Dunia tersebut merasa tidak perlu ada kepanikan di daerah. Sebab, seluruhnya tetap akan berlangsung normal.

"Jadi sama sekali tidak benar kalau ada gaji yang ditunda, gaji guru yang tidak dibayar itu tidak benar," sebutnya. (mkl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed