Follow detikFinance
Minggu 03 Apr 2011, 14:55 WIB

Menteri ESDM Kirim Tim 'Khusus' Atasi Kebakaran di Kilang Cilacap

- detikFinance
Jakarta - Guna membantu mengatasi kebakaran di tangki BBM Kilang Cilacap, Menteri ESDM Darwin Saleh mengirim tim teknis Direktorat Jenderal Minyak Bumi dan Gas (Ditjen Migas).

Hal ini disampaikan Darwin kepada detikFinance<\/strong>, Minggu (3\/4\/2011).

\\\"Sejak pukul 13.00 WIB kemarin Dirut Pertamina ke sana (Cilacap) da nsaya meminta Dirjen Migas agar segera mengirim Direktur Teknis dan tim berangkat kemarin,\\\" tutur Darwin.

Darwin mengatakan, dirinya sudah menerima laporan langsung dari Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan terkait dengan kebakaran tersebut.

\\\"Lalu saya berkomunikasi dengan Menteri BUMN untuk aspek yang sifatnya korporasi seperti pengawasan. Saya sebagai Menteri ESDM harus concern karena kebakaran ini bisa berdampak kepada kelancaran pasokan khusus. Saya sudah melaporkan keadaan kepada Menko Perekonomian dan Presiden,\\\" papar Darwin.

Dia mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pertamina agar kebakaran tidak merembet. Caranya dengan mengeluarkan BBM di tangki BBM lain.

\\\"Hari ini saya dan jajaran serta tim akan menuju Cilacap. Tapi Pak Menko Perekonomian sudah duluan. Banyak pihak, khususnya Pak Menko aktif mengambil peran sudah langsung ke lokasi, karena memang Menteri BUMN dan Menteri ESDM adalah jajaran dalam kordinasi beliau,\\\" jelas Darwin.

Pada kesempatan itu, Darwin mengatakan dirinya sudah berkoordinasi dengan Pertamina, BPH Migas, dan Dirjen Migas untuk mengamankan pasokan BBM pasca kebakaran tangki BBM di Kilang Cilacap.

\\\"Kami concern ke pasokan, dan saya pastikan pasokan BBM aman,\\\" tukas Darwin.

Seperti diketahui, terjadi kebakaran pada tangki 31 T-2 kilang Refinery Unit IV Cilacap milik Pertamina pada pukul 04.55 WIB dini hari tadi (2\/4\/2011), namun Pertamina menyampaikan bahwa sejauh ini hal tersebut tidak menyebabkan gangguan terhadap produksi BBM kilang RU IV dan tidak menimbulkan korban jiwa.

Adapun, sebagai informasi tangki T 31.02 yang berkapasitas 10.487 KL ini berisikan minyak ringan HOMC (High Octane Mogas Component). Jumlah tanki HOMC di kompleks RU IV Cilacap sebanyak 4 unit dengan kapasitas 61.300 KL.

Untuk sementara penyebab kebakaran dan kerugian atas kejadian ini belum bisa diinformasikan, masih dalam investigasi. Pihaknya juga sudah menginformasikan kepada pihak berwenang dan masyarakat sekitar dan memohon maaf atas kekurangnyamanan yang terjadi.



(dnl/dru)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed