Follow detikFinance
Selasa 23 Aug 2011, 08:10 WIB

PLN Siapkan 'Pasukan Khusus' Anti Padam Saat Lebaran

- detikFinance
PLN Siapkan Pasukan Khusus Anti Padam Saat Lebaran
Jakarta - Pemerintah menjamin tidak akan ada pemadaman listrik saat lebaran khususnya di wilayah Jawa-Bali. Tim khusus PLN disiapkan untuk memperbaiki gangguan meski saat listrik masih menyala.

Hal ini disampaikan oleh Menteri ESDM Darwin Zahedy Saleh dalam pesan singkat yang diterima detikFinance, <\/strong>Selasa (23\/8\/2011).

\\\"Kami meninjau Area Jaringan Pelayanan listrik di Karawang, dan mendapat laporan kesiapan para GM dan jajaran PLN yang siaga penuh untuk sistem Jawa-Bali. Mereka semua siap untuk tidak ada pmadaman, antara lain dengan cara Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan alias tidak dipadamkan) yang berisiko tinggi, dan hanya mampu dilakukan skuadron PLN terlatih dengan brevet khusus,\\\" tutur Darwin.

Dikatakan Darwin, dia beserta jajarannya telah turun langsung untuk meninjau kesiapan pasokan listrik PLN saat lebaran nanti.

\\\"Akhir minggu ini, Insya Allah dengan pimpinan-pimpinan Komisi VII DPR kami akan meninjau dari jalan udara, karena jalur mudik sudah padat,\\\" ujarnya.

Tips Mudik Lebaran Ala Menteri ESDM<\/strong>

Selain itu dalam pesannya, Darwin juga menyampaikan tips untuk para pemudik lebaran tahun ini, khusus yang membawa kendaraan pribadi.

\\\"Isilah tangki kendaraan dengan penuh sejak titik berangkat. Isilah lagi selama di perjalanan ketika melintasi SBPU yang lengang, sekalipun tangki anda masih berisi,\\\" kata Darin.

Dilanjutkan Darwin, manfaat tips ini adalah untuk menghindari penumpukan atau konsentrasi di SPBU-SPBU tertentu di jalur mudik.

Darwin mengatakan, dia dan jajarannya telah mengecek Terminal Transit BBM dan elpiji di Cikampek, yang perannya sangat strategis guna mengurangi beban Depo Plumpang hingga 20%.

\\\"Depo Cikampek itu langsung mendapat BBM dari kilang Balongan melalui pipa yang berjarak 120 km, selanjutnya disebarkan dengan mobil-mobil tangki ke Bekasi, Purwakarta, Cikampek, Karawang dan lain-lain. Dengan demikian beban Depo Plumpang untuk memasok Jakarta dan sekitarnya tidak terlalu berat,\\\" tukas Darwin.

(nrs/qom)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed