Follow detikFinance
Rabu 20 May 2015, 12:58 WIB

Rumah Anda Mau Jual Listrik ke PLN, Ini Caranya

Zulfi Suhendra - detikFinance
Rumah Anda Mau Jual Listrik ke PLN, Ini Caranya
Jakarta -

Masyarakat kini bisa menjual listrik ke PT PLN (Persero) jika di rumahnya terpasang solar cell atau pembangkit listrik tenaga surya. Investasi untuk memasang solar cell memang masih cukup mahal, sekitar US$ 1,8 sampai US$ 2 per watt. Begini cara pasang dan jual listriknya ke PLN.

PT Aruna Solar System Solutions adalah perusahaan yang sudah memasang solar cell di salah satu rumah percontohan yang bisa jual listrik di kawasan Jalan Ki Mangungsarkoro, Menteng, Jakarta Pusat.

Project and Development Manager Aruna, S Agus Mintono menuturkan, pihak dari perusahaan bakal melakukan survei ke rumah pemohon yang bakal dipasang solar cell, setelah pemohon tersebut meminta PT Aruna untuk memasangkan perangkat tersebut.

Agus mengatakan, survei yang dilakukan mencakup pendataan mengenai berapa beban listrik aktual di siang hari‎, daya yang bisa dipasang juga daya terpasang dari PLN, karena untuk bisa menjual listrik ke PLN, perangkat solar cell akan tersambung dengan meteran milik PLN melalui inverter dan KWH meter ekspor impor listrik.

"Kita survei paling lama sekitar 2 jam," kata Agus keppada detikFinance, Rabu (20/5/2015).

Agus menuturkan, kapasitas yang bisa dipasangkan solar cell tak bisa melebihi daya terpasang dari PLN. Contohnya, jika daya listrik PLN terpasang di rumah tersebut ‎sebesar 30.000 watt, maka permohonan pemasangan solar cell tak bisa melebihi daya terpasang tersebut.

"Kalau nggak, nanti down, PLN-nya juga down," katanya.

Sebaiknya kapasitas pemasangan solar cell ‎melebihi dari beban pemakaian rata-rata. Dengan begitu, banyak space atau kelebihan daya yang bisa dijual ke PLN. Misalnya beban yang biasa dipakai maksimal 4.000 watt, sedangkan kapasitas terpasang 6.000 watt, maka yang bisa dijual adalah selisih dari keduanya, yaitu 2.000 watt.

Selain itu, Agus mengatakan, investasi yang dikeluarkan untuk memasang solar cell adalah US$ 1,8 sampai US$ 2 per watt. Harga tersebut sudah termasuk biaya pengurusan ekspor impor ke PLN, inverter AC/DC, dan KWN meter ekspor impor listrik.

"Pokoknya tahu jadi, itu kami yang urus semuanya," kata Agus.

Selain itu, survei juga mencakup survei ruangan yang cukup di rumah atau tempat yang bakal dipasang solar cell. Semakin luas ruang yang langsung berhubungan dengan sinar matahari, makin besar pula potensi‎ daya yang terpasang.

"Kita lihat juga jenis gentengnya seperti apa. ‎Kita lihat beban siang hari seperti apa, nanti kita sesuaikan," jelasnya.

Agus mengatakan, jika ingin memasang solar cell tersebut bisa menghubungi Aruna Solar System Solutions di nomor (021) 4609065, atau di kantornya di Kawasan Industri Pulogadung Jakarta Timur.

"Nanti kita akan tindak lanjut. Kita akan survei ke rumah," tutup Agus.

(Zulfi Suhendra/Rista Rama Dhany)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed