Follow detikFinance
Rabu 20 Jan 2016, 20:59 WIB

Freeport Janjikan Groundbreaking Smelter Pada Juli 2016

Michael Agustinus - detikFinance
Freeport Janjikan Groundbreaking Smelter Pada Juli 2016
Jakarta - PT Freeport Indonesia berjanji akan melakukan groundbreaking pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) katoda tembaga di Gresik, Jawa Timur, pada Juli 2016.

"Kita baru tandatangani EP (Engineering & Procurement) Desember 2015. Dan Juli 2016 groundbreaking," ujar Direktur PT Freeport Indonesia, Clementino Lamury, usai Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Perusahaan tambang raksasa asal Amerika Serikat (AS) ini telah melakukan penandatanganan EP senilai US$ 927 juta pada Desember 2015. Saat ini, kontraknya tengah dipersiapkan oleh perusahaan.

Clementino menambahkan, perkembangan rencana pembangunan smelter tersebut sudah pada tahap reklamasi yang masih sebagian, termasuk perizinan Analisis Dampak Lingkungan (Amdal).

"Reklamasinya baru sampai pada dinding atau tepi laut. Amdal sedang berjalan jadi baru sebagian tereklamasi," tuturnya.

Sebagai informasi, ‎total biaya yang diperlukan untuk membangun smelter di Gresik, Jawa Timur diperkirakan mencapai US$ 2,3 miliar.

Freeport sebelumnya telah menyetor dana kesanggupan sebesar 5% dari perkembangan pembangunan smelter tersebut dengan nilai US$ 115 juta‎. Adapun dana tersebut disimpan dalam escrow account alias rekening sementara.

Selain itu, Freeport juga telah melakukan kontrak pembebasan tanah yang akan dijadikan lokasi pembangunan smelter.

(feb/feb)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed