Follow detikFinance
Senin 19 Jun 2017, 18:43 WIB

Dirut PLN: Konsumsi Listrik Turun 40% Selama Libur Lebaran

Danang Sugianto - detikFinance
Dirut PLN: Konsumsi Listrik Turun 40% Selama Libur Lebaran Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Panjangnya hari libur Lebaran membuat banyak pabrik tak beroperasi. Hal itu berdampak pada turunnya konsumsi listrik hingga 40%, karena sektor industri merupakan konsumen listrik terbesar.

"Biasanya kalau Lebaran turun luar biasa drastis, kira-kira bisa 30-40% turun secara nasional. Itu dari pengalaman lalu-lalu, dari industri yang terbesar," tutur Direktur Utama PT PLN (Persero), Sofyan Basir, saat acara Buka Bersama PLN Bersama Anak Yatim dan Dhuafa di JCC, Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2017).

Sofyan mengatakan, biasanya volume permintaan listrik akan kembali normal seminggu setelah Lebaran. Hal itu seiring dengan kembali beroperasinya banyak pabrik.

Sofyan juga menjamin, tidak ada byarpet selama libur Lebaran. Namun tidak menutup kemungkinan jika terjadi ganguan listrik yang disebabkan oleh bencana maupun kerusakan jaringan.

"Pemadaman enggak boleh, adanya gangguan seperti pohon jatuh, mobil menabrak tiang, ya kan mati listriknya. Kalau pemadaman itu dengan disengaja, bahwa pemasokan tidak cukup harus melakukan pemadaman, atau pemeliharaan jaringan, ada gardu meledak. Tapi itu hanya gangguan berjam-jam selesai," tukasnya. (wdl/wdl)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed