Follow detikFinance
Jumat 08 Dec 2017, 08:24 WIB

Jonan Bakal Resmikan BBM Satu Harga di Pelosok Bengkulu

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Jonan Bakal Resmikan BBM Satu Harga di Pelosok Bengkulu Foto: Agung Pambudhy
Bengkulu - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan akan meresmikan titik BBM satu harga di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Pulau Enggano merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia yang ditetapkan menjadi salah satu wilayah penerapan BBM satu harga.

GM Pertamina MOR II Sumbagsel Erwin Hiswanto mengungkapkan, pada November 2017 lalu sudah dilakukan pengiriman BBM jenis Premium dan Solar sebanyak 30 kilo liter (KL) dengan perbandingan 25:5. Hari ini penerapan BBM satu harga di pulau terluar tersebut akan diresmikan Jonan siang ini.

"Enggano menyesuaikan jadwalnya menteri, baru bisa sekarang dan fasilitas sudah siap November kita jalankan," ujar Erwin di Bengkulu, Jumat (8/12/2017).

Volume BBM sebanyak 30 KL yang dikirim bulan lalu untuk persediaan selama satu bulan. Besaran volume tersebut mempertimbangkan kebutuhan konsumsi penduduk di Pulau Enggano setiap bulannya sebelum diterapkannya BBM satu harga.

"Kalau cukup 30 KL kalau lebih, suplai lebih. 30 KL untuk masyarakat," kata Erwin.

Sebelum diterapkan BBM satu harga, masyarakat di Pulau Enggano harus membeli Premium dan Solar seharga Rp 10.000 per liter. Kini, mereka bisa menikmati kedua jenis BBM tersebut dengan harga masing-masing Rp 6.450 per liter dan Rp 5.150 per liter.

Dalam menjalankan program BBM satu harga, Pertamina menalangi biaya sebesar Rp 2.000-Rp 3.000 per liternya. Dana tersebut ditalangi Pertamina yang dibayar kepada agen penyalur di Pulau Enggano yang menjual dengan harga normal.

"Kalau untuk sini saja di paling tidak di atas Rp 2.000 sampai Rp 3.000 per liter," tutur Erwin. (ara/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed