detikfinance

Depdag Sidak Lampu Hemat Energi di Harco Mangga Dua

Indro Bagus SU - detikfinance
Jumat, 28/12/2007 17:59 WIB
Jakarta -Direktorat Pengawasan Barang Beredar dan Jasa, Departemen Perdagangan (depdag) menemukan banyak merek lampu hemat energi (LHE) yang tidak lolos ujicoba kelayakan.

Terkait hasil temuan tersebut, Depdag adakan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa toko yang disinyalir menjual merek-merek yang tidak lolos uji, berlokasi di Harco Mangga Dua, Jl Hayam Wuruk, Jumat Sore (28/12/2007).

Berdasakan hasil pantauan detikfinance, beberapa toko berinisial SH, CN, dan SA, ditemukan menjual merek-merek tersebut. Bahkan ditemukan banyak merek yang belum termasuk dalam daftar ujicoba depdag.

Merek-merek tersebut antara lain Heles, Kawachi, Neolus, Megaman, Genstar, dan sebagainya. Satu merek yang ada di daftar uji depdag juga ditemukan, yaitu merek Ecolite.

Merek Heles dan Kawachi bahkan tidak memiliki tanda lolos uji standar nasional Indonesia (SNI) dan nomor pendaftaran barang (NPB). Sementara merek Neolus, Megaman, dan Genstar, memiliki tanda lolos uji SNI, namun tidak memiliki NPB.

"Saya tidak tahu kalau ternyata harus ada NPB. Saya pikir cukup dengan tanda SNI saja. Kalau tahu begini saya tidak jual itu barang," ujar salah satu pemilik toko, Heru Supriadi.

Beberapa nama importir LHE yang ditemukan detikfinance adalah Aditama dan Surya Agung. Keduanya beroperasi di Jakarta.

"Nanti akan kita lihat apakah pemilik toko-toko tersebut terlibat dengan sengaja atau hanya menjual. Jika ternyata sengaja menjual produk-produk tersebut, maka akan kita berikan sanksi. Bisa berupa pencabutan SIUP," kata Kasubdit Penyidikan Depdag, Feri Anggrijono.

Berdasarkan data uji depdag, dari 19 merek hanya 4 merek yang lolos uji, yaitu Private Label-Carrefour, Kenmaster, Alfahemat, dan Eco.
(dro/ir)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!



Silakan  atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        
Sponsored Link
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Informasi pemasangan iklan
hubungi : sales[at]detik.com


“Mau berinvestasi di pasar modal ? Mega Online Trading adalah solusinya”

www.megaonlinetrading.com

Info Lebih Lanjut