Follow detikFinance
Rabu 05 Dec 2012, 14:36 WIB

Perkuat Segmen Marine, Jotun Bidik Omzet Rp 850 Miliar

- detikFinance
Perkuat Segmen Marine, Jotun Bidik Omzet Rp 850 Miliar
Jakarta - PT Jotun Indonesia memperkuat segmen marine (kelautan) dengan menambah varian lini produk. Aksi korporasi ini diharapkan dapat membantu target total penjualan tahun ini senilai Rp 850 miliar, atau tumbuh dari 2011 sebesar Rp 711 miliar.

\\\"Kontribusi segmen saat ini belum signifikan, ke depan akan lebih ditingkatkan,\\\" kata Presiden Direktur Jotun Indonesia, Eric Mallace dalam keterangan tertulis, Jakarta, Rabu (5\/12\/2012).

Eric mengungkapkan, penjualan Jotun terbagi dalam tiga segmen utama yakni decorative untuk kebutuhan proyek-proyek properti, protective dalam proyek industri serta marine untuk cat kapal.

\\\"Saat ini, kontribusi masing-masing segmen 50%, 30% dan sisanya marine 20%,\\\" kata Eric.

Perusahaan multinasional asal Norwegia itu dikenal sebagai pemimpin pasar untuk segmen protective dan marine (industri dan perkapalan). Sementara segmen decorative (ritel) masih di posisi lima besar nasional.

\\\"Dengan peningkatan usaha, diharapkan Jotun bisa menjadi market leader di Indonesia di seluruh segmen,\\\" ujar Eric.

General Sales Manager Jotun Indonesia divisi Marine, Hendra Duna menambahkan, untuk meningkatkan kontribusi segmen marine, Jotun menambah lini produk cat \\\"SeaQuantum\\\" yang biasa digunakan untuk kapal laut.

Hari ini, perseroan meluncurkan produk cat \\\'SeaQuantum\\\'. Hadir juga dalam acara tersebut South East Asia Marine Regional Director Jotun, Alfie Ong.

Kelebihan cat yang mulai diproduksi di Asia tahun 1998 dan masuk ke Indonesia di awal tahun 2000 ini adalah memiliki teknologi Silyl Acrylate dapat dapat menghambat laju Speed Loss di bawah kuota average (5,9%) sesuai perhitungan systrm AF yangg 60 bulan.

Sementara teknologi ini mampu sampai hanya 1,5% speed loss. \\\"Hal ini yang akan berdampak pada Fuel Savings (pengurangan baham bakar),\\\" kata Hendra.

Hendra menambahkan, Jotun akan menggenjot penjualan cat segmen marine dengan menggarap kapal-kapal premium. Saat ini, Jotun sudah menguasai pasar kapal-kapal tanker, kapal penumpang, kargo hingga kapal-kapal milik TNI AL.

\\\"Sejumlah perusahaan kapal yang menggunkan produk ini adalah Pertamina LNG charterer Humolco, Asia marine, Altus shipping Line, dan beberapa FSO yg beroperasi di KPS Pertamina,\\\" katanya.

Sebelumnya pada pekan lalu, Jotun Indonesia melakukan ekspansi pabrik untuk menambah kapasitas produksi menjadi 100 juta liter dalam 2-3 tahun ke depan. Perluasan usaha yang menelan investasi sekitar US$ 20 juta tersebut meningkat dari kapasitas produksi saat ini sekitar 30 juta liter.

Produk cat Jotun digunakan pada sejumlah fasilitas penting di Indonesia, seperti kilang minyak milik Pertamina, Terminal III Bandara Soekarno Hatta, gedung mall Grand Indonesia, sejumlah kapal TNI AL dan lainnya.


(ang/hen)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed