Follow detikFinance
Senin 22 Sep 2014, 07:22 WIB

Di Jakarta Timur Bakal Dibangun Pusat Industri Kreatif 21 Hektar

- detikFinance
Di Jakarta Timur Bakal Dibangun Pusat Industri Kreatif 21 Hektar
Jakarta - Perusahaan pengembang PT Eureka Prima membangun superblok seluas 21 hektar di Jakarta Timur. Superblok ini juga akan dilengkapi pusat industri kreatif.

Presiden Direktur PT Eureka Prima Lukman Purnomosidi mengatakan, pesatnya perkembangan industri kreatif di Indonesia, belum banyak didukung oleh infrastruktur ruangan dan sumberdaya yang mumpuni untuk mendukung perkembangannya. Itu sebabnya perusahaan membangun proyek yang diberinama Eureka Township.

“Kami ingin membangun tempat khusus bagi pertumbuhan industri kreatif seperti pusat kuliner, showroom untuk seni fotografi, galeri, ruang pertunjukkan, studio bagi industri rekaman dan televisi, dan lain-lain. Konsepnya semua komunitas dalam industri kreatif yang tengah berkembang ke depan ada disatu lokasi,” jelas Lukman dalam siaran persnya, Senin (22/9/2014).

Dikatakan Lukman, selain apartemen, perkantoran, hotel dan mal, kawasan superblock Eureka Township juga memiliki pusat industri kreatif pertama di Indonesia.

Untuk mengembangkan kawasan tersebut, perseroan kemudian menjalin kerjasama dengan Fakultas Desain dan Seni Kreatif Universitas Mercubuana, Jakarta

"Mercubuana memiliki 26.000 mahasiswa dan merupakan universitas pertama di Indonesia yang memiliki fakultas design dan seni kreatif. Eureka menyediakan ruang untuk mahasiswa dan lulusan Mercubuana untuk berkreasi sesuai keahlian masing-masing,” tambah Lukman.

Rektor Universitas Mercubuana, Dr. Arissetyanto Nugroho MM, menyambut baik rencana pengembangan pusat Industri Kreatif di kawasan Eureka Towship. UMB, jelasnya, akan menyiapkan sumber daya manusia guna mengantisipasi kebutuhan bagi Industri kreatif di Indonesia.

Arissetyanto berharap, kawasan ini mampu memenuhi kebutuhan ruang untuk mendukung industri kreatif yang saat ini tengah berkembang pesat.

Eureka Township merupakan kawasan superblock terintegrasi yang terletak di Bambu Apus, Jakarta Timur. Berdampingan dengan Kawasan Taman Mini Indonesia Indah. Proyek Eureka Township terbagi dalam empat tahap. Tahap pertama, seluas 2,8 hektar dengan perkiraan investasi sekitar Rp 3 triliun.

Saat ini desainnya sudah dirampungkan oleh Dr Marcia Codinachs, arsitek yang juga menggarap beberapa proyek internasional seperti Marina Hemingway (Kuba), Burj Khalifa dan Spanish Tower.

(zul/ang)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed