Follow detikFinance
Jumat 13 Oct 2017, 19:38 WIB

Anak Usaha Jasa Marga Mau Buat Rest Area di Atas Jalan Tol

Hendra Kusuma - detikFinance
Anak Usaha Jasa Marga Mau Buat Rest Area di Atas Jalan Tol Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Anak usaha PT Jasa Marga (Persero) yaitu PT Marga Lingkar Jakarta (MLJ) tengah menjajaki pembangunan rest area dengan konsep berada di atas jalan tol.

Direktur Utama MLJ Edwin Cahyadi mengatakan, pembangunan rest area ini berada di tol JORR W2 Utara dengan ruas Kebon Jeruk-Ulujami yang memiliki panjang 7,67 km.

"Pembangunannya di Ulujami, lokasinya masih kita ukur," kata Edwin usai konfrensi pers Obligasi di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Jumat (13/10/2017).

Lebih dalam Edwin menjelaskan, pembangunan rest area baru ini juga didesain untuk kendaraan golongan I saja mengingat terbatasnya ketersediaan lahan. Namun, dia memastikan rest area ini akan tersedia di kanan dan kiri jalan tol JORR W2 Utara.

Adapun, kata Edwin, rest area yang berada di atas jalan tol ini hanya untuk tenant atau bangunan tempat peristirahatan para pengendara di jalan tol. Sebab, wilayah bawah ditetapkan sebagai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan tempat parkir kendaraan.

"Kalau ini jadi, ini yang pertama kali, jadi SPBU untuk golongan I di bawah, nanti di atas dibangun tenant-tenant, jadi kalau mau ngopi bisa di atas jalan tol," ungkap dia.

Mengenai pembangunannya, Edwin mengungkapkan, akan menyerahkan kepada anak usaha Jasa Marga di sektor properti dan bekerjasama dengan Jaya Property. Nilai investasi untuk rest area yang luasnya sekitar 3 hektar ini ditaksir lebih dari Rp 5 miliar.

"Sekarang penjajakan, jadi desain sudah ada, saya tidak keluarkan duit, anak usaha Jaya Property sama Jasa Marga Property, biar mereka yang olah," papar dia.

Pembangunan rest area ini juga diharapkan menjadi solusi bagi pengguna jalan tol. Sebab, mulai dari Kebon Jeruk hingga Cawang tidak tersedia tempat peristirahatan sementara.

"Karena kalau ada rest area mungkin menarik orang untuk bisa istirahat di sana, sehingga pengendara tidak lelah, karena rest area setelahnya itu (ada di km 19 yaitu cikampek, dari km 14, jadi terlalu jauh, kami berusaha kalau memungkinkan," tukas dia. (dna/dna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed