Follow detikFinance
Kamis 14 Jul 2011, 11:01 WIB

Cadangan Devisa RI Capai US$ 120 Miliar

- detikFinance
Cadangan Devisa RI Capai US$ 120 Miliar
Bogor - Cadangan devisa Indonesia akhirnya berhasil menembus US$ 120 miliar, didorong terus naiknya modal asing. Modal-modal dari luar negeri itu kini tak hanya masuk ke portofolio, namun juga ke proyek-proyek infrastruktur.

\\\"Pertengahan Juli telah mencapai US$ 120 miliar, hari ini pun sudah. Kalau terakhir sudah US$ 119 miliar,\\\" ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia, Hartadi A. Sarwono dalam Rapat Koordinasi Wilayah Tim Pengendalian Inflasi Jawa Barat-Banten-Jakarta di Hotel Santika, Bogor, Jawa Barat, Kamis (14\/7\/2011).

Posisi cadangan devisa Indonesia sebesar US$ 120 miliar pada pertengahan Juli itu berarti mengalami peningkatan jika dibandingkan cadangan devisa per akhir Juni yang mencapai US$ 119,655 miliar.

Hartadi menjelaskan, cadangan devisa tersebut bertambah dari penanaman modal asing berupa investasi khususnya untuk proyek-proyek infrastuktur.

\\\"Cadangan devia dari situ, dan sekarang sudah ada mulai shifting<\/em> (perpindahan) dan itu lebih banyak masuk ke portfolio tapi sekarang sudah mulai shifting<\/em> penanaman modal asingnya naik dan portfolionya turun,\\\" urainya.

BI memperkirakan aliran modal asing ke proyek-proyek infrastruktur akan terus meningkat pada tahun 2012 mendatang. BI berharap dana-dana asing tersebut bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan ekonomi yang lebih panjang.

\\\"Proyek-proyek infrastruktur yang dilaksanakan oleh pemerintah MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia ) itu juga merupakan proyek-proyek infarsruktur yang memerlukan funding biaya khususnya dari luar, karena jika mengandalkan pemerintah dan swasta khususnya dalam negeri itu tidak cukup. Jadi kemampuan menyerap inflow<\/em> menjadi penting,\\\" imbuh Hartadi.
(dru/qom)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed