Follow detikFinance
Kamis 06 Jul 2017, 10:16 WIB

Berkat Mudik, Penjualan Uang Elektronik di Jalan Tol Melonjak

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Berkat Mudik, Penjualan Uang Elektronik di Jalan Tol Melonjak Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Elektronifikasi pembayaran jalan tol telah diuji coba pada musim mudik dan balik Lebaran kemarin. Sejumlah bank mengaku uji coba tersebut membuat transaksi meningkat.

Direktur Bisnis Konsumer PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Anggoro Eko Cahyo mengatakan selama Lebaran penjualan TapCash mengalami peningkatan hingga 5 kali lipat.

"Rata-rata hariannya naik 5 kali lipat, lebih tinggi dari hari normal dan memang lancar selama uji coba tidak ada masalah," kata Anggoro saat dihubungi, Kamis (6/7/2017).

Anggoro mengatakan, selama periode Lebaran TapCash baru bisa terjual hingga 30.000 keping. "Ini baik ya, karena orang merasa kalau punya uang elektronik bisa lebih mudah dalam membayar," kata dia.

Dia menjelaskan, dari data Jasa Marga penggunaan uang elektronik untuk pembayaran jalan tol masih di kisaran 23% - 27%.

"Ini artinya bank masih punya ruang 70% apalagi Oktober sudah harus pakai uang elektronik semua, ini momen tepat untuk memaksa orang pakai uang elektronik," imbuh dia.

Bank Indonesia (BI) menilai uji coba ini mendapatkan hasil yang baik terjadi peningkatan 26% pada pembayaran non tunai.

Peningkatan terjadi karena sejumlah bank melakukan promosi untuk pembayaran non tunai. Misalnya penjualan kartu seharga Rp 10.000 hingga diskon yang diberikan di sejumlah gerbang tol.

Menurut BI kenaikkan tersebut merupakan jumlah transaksi yang menggunakan pembayaran non tunai sebagai rasio terhadap total transaksi.

Namun Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Santoso Liem mengatakan pembayaran tol non tunai belum berdampak besar untuk Flazz.

"Transaksi tol selama mudik Lebaran kemarin belum besar impact nya untuk BCA karena ruas tol nya masih terbatas di sekitar Cikampek, Palimanan dan Padaleunyi," kata Santoso saat dihubungi. (ang/ang)


Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed