Follow detikFinance
Jumat 28 Jul 2017, 18:01 WIB

BI Akan Percepat Pertumbuhan Ekonomi Kalimantan Utara

Hendra Kusuma - detikFinance
BI Akan Percepat Pertumbuhan Ekonomi Kalimantan Utara Foto: Ari Saputra
Jakarta - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo berharap, dengan adanya Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Tarakan, Kalimantan Utara dapat berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi provinsi tersebut.

"BI sebagai suatu lembaga negara yang bertanggungjawab atas sistem pembayaran, tentu dengan hadirnya kami di Provinsi Kaltara sebagai provinsi termuda di Indonesia, kami berharap akan bisa ikut mempercepat pertumbuhan ekonomi yang inklusif di Kaltara," kata Agus Marto usai meresmikan Kantor Perwakilan BI di Kalimantan Utara, Jumat (28/7/2017).

Pada kuartal I-2017, ekonomi Kaltara tumbuh sebesar 6,17%. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan kuartal yang sama di tahun sebelumnya, maupun rata-rata pertumbuhan ekonomi di Pulau Kalimantan yang sebesar 4,92%, bahkan dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 5,01%.

Agus bercerita, setiap kali terlibat dalam rapat koordinasi yang diadakan Pemerintah Provinsi Kaltara yang fokus terhadap percepatan pembangunan infrastruktur. Bahkan, pemerintah Kaltara mengundang beragam investor baik lokal maupun asing.

"Beliau menjelaskan sendiri dan senantiasa memberikan komitmen untuk senantiasa beri solusi bagi investor yang minat untuk investasi," tambah dia.

Menurut Agus, perekonomian Kaltara saat ini di topang kinerja ekspor seperti sawit, perikanan dan udang. Bahkan, Gubernur Kaltara ingin sekali adanya hilirisasi guna memberikan nilai tambah bagi produk-produk yang dihasilkan.

"Ini baik sekali, baik untuk menambah lapangan kerja, peningkatan ekonomi dan terutama enggak membuat kita mudah terguncang saat terjadi guncangan ekonomi. Ini yang perlu dilakukan dan kami mendukung visi gubernur untuk mengembangkan Kaltara," tukas dia.

(mkj/mkj)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed